Human Resource

Productivity

People Development

HR Personalia

Task Management

Job Seeker

10 Perusahaan ini Memperbolehkan Work From Anywhere, Yuk Apply!

May 6, 2022 | Blog, Job Seeker

Semenjak pandemi, kini semakin banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja dari mana saja atau Work From Anywhere (WFA) secara permanen. Sistem kerja WFA nyatanya tidak membuat produktivitas dan kualitas kerja menurun meski karyawan tidak datang ke kantor. 

Berdasar riset HBR, sistem WFA membuat pekerja lebih fleksibel, menghilangkan stres perjalanan kantor, dan meraih work life balance.

Tak heran, banyak pekerja yang menjadikan WFA sebagai pertimbangan ketika melamar sebuah perusahaan. 

Untuk kamu yang memiliki keinginan bekerja tapi tak harus datang ke kantor, berikut 10 perusahaan di Indonesia yang menerapkan WFA secara permanen sebagai referensi.

1. Blibli

Daftar perusahaan pertama yang menerapkan sistem WFA adalah Blibli, startup di bidang e-commerce yang berdiri sejak 2010 silam. Namun melihat hasil positif dari WFH yang diterapkan sejak pandemi, Blibli memutuskan menerapkan WFA secara permanen pada Januari 2022. 

Dari laman resmi Blibli, sedang ada banyak posisi yang dibuka lho, mulai dari Product Management hingga Marketing.

2. HappyFresh

HappyFresh adalah aplikasi belanja kebutuhan sehari-hari secara daring. Pengguna aplikasi dapat memesan kebutuhan dari berbagai supermarket dan toko yang akan diantar sampai ke rumah oleh kurir.

HappyFresh memiliki beberapa kantor, baik di Indonesia (Jakarta), Malaysia, Singapura, Bangkok hingga India. Tapi kini tak harus datang ke kantor, HappyFresh menerapkan sistem kerja remote untuk beberapa lowongan. Langsung cek laman resminya saja, siapa tahu ada posisi yang kamu inginkan.

3. Niagahoster

Perusahaan berikutnya yang sudah menerapkan sistem kerja WFA secara permanen adalah Niagahoster. Perusahaan ini merupakan bagian dari Hostinger Group, sebuah grup hosting internasional yang menangani lebih dari 500 server di seluruh dunia.

Niagahoster yang berlokasi di Yogyakarta ini justru membuat WFA sebagai keunggulan perusahaan mereka. Jadi asal bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik, kamu bebas bekerja dari mana saja.

4. Stockbit dan Bibit.id

Diumumkan via laman LinkedIn perusahaan mereka, Stockbit dan Bibit.id resmi mengimplementasikan sistem kerja WFA sejak Februari 2022. 

Kedua startup di bidang finansial ini melihat sistem kerja remote terbukti mampu tingkatkan kesejahteraan karyawan selain tingkatkan produktivitas dan kualitas kerja karyawan. 

5. eFishery

Perusahaan yang bergerak di bidang akuakultur ini justru sudah memberlakukan WFA permanen sejak awal pandemi, tepatnya pertengahan tahun 2020 silam.

Co-founder dan Chief of Staff eFishery Chrisna Aditya, menyebut sistem WFA membantu eFisherian (sebutan untuk karyawan eFishery) tumbuh dan berprogres dengan cukup maksimal.

6. Amartha

Menerapkan WFH kala pandemi, Amartha melihat bahwa kerja karyawan tetap stabil, sejalan dengan produktivitas dan kualitas kinerjanya. Karenanya perusahaan yang bekerja di bidang Fintech ini secara resmi menerapkan WFA permanen sejak Januari 2022 kemarin.

Kabarnya, Amartha akan memberlakukan WFA setidaknya hingga akhir tahun 2022.

7. Flip

Sudah memberlakukan sistem kerja remote selama 2 tahun, Flip esmi menerapkan WFA secara permanen per Februari 2022 kemarin. Startup aplikasi keuangan ini tak hanya memberi fasilitas untuk bekerja, tapi juga memberikan benefit seperti mental health support dan training untuk tingkatkan personal development karyawan.

8. RevoU

RevoU merupakan sekolah online (EdTech) yang membekali para murid dengan course berbagai keterampilan digital yang sedang in-demand di zaman industri teknologi 4.0 sekarang. 

Berdiri sejak 2019 lalu, RevoU memberi kebebasan dan fleksibilitas pekerjanya untuk bekerja remote dari mana saja.

9. Amar Bank 

Pandemi Covid-19 telah membuat dunia korporasi menemukan manfaat dari kerja jarak jauh, tak terkecuali dengan Amar Bank. Amar Bank merupakan salah satu perusahaan yang juga bisa dibilang awal dalam menerapkan sistem WFA. 

Meski WFA, kesejahteraan dan kualitas kerja dari karyawan tetap terjaga, kini mereka menerapkan sistem kerja hybrid (antara WFA dan WFO).

10. Ajaib

Terakhir, ada Ajaib yang juga melakukan sistem WFA. Tidak menuntut pekerjanya datang ke kantor, startup aplikasi investasi saham ini  menerapkan sistem kerja WFA secara permanen sejak Januari 2022.

Setelah melewati masa adaptasi dan percobaan WFH karena pandemi Covid-19, sistem kerja WFA tersebut dianggap efektif dan akhirnya diimplementasikan.

Itulah sepuluh perusahaan di Indonesia yang sudah menerapkan sistem kerja WFA secara permanen. Selain daftar di atas, masih banyak perusahaan lain yang memberlakukan WFA. Semoga artikel ini membantu!

Baca Juga: Daftar Aplikasi Kolaborasi Terbaik untuk Kerja Remote Tim & Startup yang Lebih Efektif

Aplikasi Employee Self Service (ESS) untuk Efisiensi Perusahaan

Departemen HR terus mencari cara untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi data, termasuk mengurangi dokumen fisik, merampingkan data karyawan, dan mengelola penggajian dan tunjangan. Tapi kini tak perlu pusing lagi, karena HR bisa memanfaatkan aplikasi employee...

Yang Perlu dipersiapkan Perusahaan jika Menerapkan WFA Selamanya

Semenjak pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang memutuskan untuk switch sistem kerja. Dari yang tadinya Work From Home (WFH), menjadi Work From Anywhere (WFA) selamanya. Menerapkan WFA terbukti tidak menurunkan kualitas dan kinerja karyawan, justru membuat karyawan...

Aplikasi Portal Karyawan untuk Pengelolan Data & Informasi Karyawan

Divisi HR pastinya akan memerlukan berbagai macam data karyawan, mulai dari alamat, background pendidikan dan lainnya. Karena akses database secara manual tidak begitu efektif, maka aplikasi portal karyawan kini banyak dilirik oleh perusahaan. Dengan aplikasi portal...
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?