7 Portal Lowongan Kerja Remote atau WFH

Contents

portal lowongan kerja online

Di jaman yang serba digital saat ini, kecanggihan teknologi juga menjadi sebuah terobosan baru untuk sistem kerja modern yang terdigitalisasi. Terlebih dengan adanya cobaan masa pandemi, teknologi benar-benar menjadi sebuah solusi yang memungkinkan untuk kita tetap bisa bekerja. Masa pandemi menjadi sebuah titik balik di mana hampir seluruh industri dituntut untuk menjalankan bisnis dan operasional dengan sistem yang terkomputerisasi, terdigitalisasi menggunakan sistem online.

Tidak mengherankan jika justru bermula dari masa pandemi, sistem kerja berbasis digital menjadi sebuah tren khususnya pada generasi milenial. Dengan sistem online, segala aktivitas kerja bisa dilakukan di mana saja. Bekerja tidak harus datang ke kantor, namun bisa dilakukan di rumah maupun tempat-tempat lain. Sistem kerja online ini, saat ini lebih dikenal dengan sistem kerja remote. Sebenarnya sebelum pandemi sudah banyak pekerjaan remote dan berbagai lowongan kerja remote.

Tetapi memang mulai booming karena adanya masa pandemi. Saat ini bahkan lowongan kerja remote menjadi prioritas bagi sebagian besar generasi yang sudah sangat melek teknologi dengan menawarkan bekerja bisa dari mana saja. Seiring dengan semakin membaiknya keadaan dan pulih dari pandemi, bekerja bisa dilakukan bahkan dari coffeeshop juga atau sambil staycation. Sangat menarik, bukan? Banyak perusahaan, terlebih perusahaan di industri IT, membuka lowongan kerja remote.

Selain itu, saat ini juga sudah banyak portal-portal lowongan kerja remote. Ada beberapa portal yang bisa diatur memang untuk tujuan mencari lowongan kerja remote. Untuk tahu portal apasaja yang bisa digunakan untuk mencari lowongan kerja remote, baca artikel ini sampai habis, ya.

Apa itu Kerja Remote?

Kerja remote adalah sebuah praktik kerja yang dilakukan karyawan yang bekerja dari lokasi selain dari kantor pusat yang dioperasikan oleh perusahaan. Lokasi-lokasi yang biasanya dijadikan tempat kerja yaitu seperti rumah karyawan sendiri, sharing space, kantor pribadi karyawan, atau lokasi lain diluar bangunan kantor korporasi tradisional.

Kerja remote menjadi sebuah style bekerja yang mengijinkan karyawan profesional untuk bekerja tidak pada lingkungan kantor tradisional. Style bekerja ini berdasarkan pada sebuah konsep bahwa bekerja tidak memerlukan sebuah tempat spesifik untuk dapat melakukannya dengan baik dan secara sukses.

Misalnya saja seperti ini, daripada setiap hari Anda melakukan perjalanan pergi-pulang ke kantor untuk bekerja dari meja kantor Anda, karyawan kerja remote dapat mengeksekusi proyek-proyek mereka dan mencapai segala macam tujuan yang ingin mereka capai sesuka hati mereka.

Orang-orang mempunyai fleksibilitas untuk merancang atau mendesain hari-hari mereka sehingga kehidupan profesional dan personal mereka bisa dijalani dengan potensi penuh dan dilakukan berdampingan dengan damai.

Ada sebuah paradigma budaya yang bergeser mengenai apa yang dianggap oleh masyarakat sebagai tempat kerja yang layak dan benar ― dan kerja remote memberi keuntungan mengenai penemuan baru dari arti kebebasan dalam konteks bekerja.

Kerja Remote di Indonesia

Saat ini, tren kerja remote sudah cukup familiar bagi para pekerja Indonesia. Terlebih karena terdampak dari masa pandemi di mana hampir seluruh sektor industri di tuntut untuk tetap bisa beroperasi meskipun pekerjaan dilakukan dari rumah. Terlebih dengan kebebasan tempat kerja dan saat ini sudah ada kelonggaran untuk aturan PPKM, kerja remote semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, khususnya pada generasi milenial.

Indonesia menawarkan berbagai tempat menarik seperti kota-kota dengan berbagai keindahan dan kenyamanannya. Sebut saja Bali, bisa dibilang Bali akan menjadi top-of-mind ketika seorang pekerja remote memilih lokasi kota untuk singgah dan bekerja secara remote. Selain Bali, ada juga Yogyakarta, Bandung, Jakarta, dan bahkan kota seperti Makassar bisa menjadi pilihan untuk kerja remote.

Biasanya para pekerja remote memilih lokasi berdasarkan preference seperti keindahan alamnya, punya spot-spot menarik tertentu, bisa juga karena kuliner atau vibe dan ambience dari kota itu. Selain itu juga sekarang koneksi internet di destinasi-destinasi utama di Indonesia sudah rata-rata baik dan sangat mumpuni untuk kerja remote.

Kerja Remote di Luar Negeri

Selain Indonesia, di banyak negara besar di Asia juga sudah banyak para karyawan yang memilih untuk melakoni pekerjaan remote. Terlebih di negara-negara besar di benua-benua seperti Amerika dan Eropa, mereka lebih dulu mengenal tren kerja remote ini. Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang berbasis di Amerika dan Eropa yang menawarkan pekerjaan secara remote.

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan semakin banyak dirintis perusahaan di industri IT, kesempatan untuk bekerja secara remote semakin terbuka lebar. Bahkan sudah banyak orang-orang dari mancanegara yang melakukan kerja remote secara nomaden, yaitu pindah dari satu negara ke negara lainnya demi keseimbangan dalam menjalankan pekerjaan dan memenuhi passion mereka yang suka travelling. Sangat menggiurkan bukan bisa bekerja sambil travelling?

7 Portal Lowongan Kerja Remote

Berikut 7 portal lowongan kerja remote yang bisa dimanfaatkan jika Anda sedang mencari pekerjaan remote sehingga Anda bisa bekerja dari mana saja dan bisa juga sambil keliling Indonesia atau bahkan dunia. Yuk, kita intip portal-portal untuk mencari lowongan kerja remote.

1. LinkedIn

LinkedIn adalah sebuah portal untuk menampilkan profil diri guna menampilkan potensi diri, prestasi dalam pekerjaan, maupun mencari kerja. Untuk mencari pekerjaan sendiri, LinkedIn menampilkan berbagai macam jenis pekerjaan mulai dari yang berbasis teknologi maupun sektor lain. LinkedIn juga memberikan fitur filter untuk menyaring ketentuan yang diinginkan oleh pengguna, khususnya filter untuk mencari jenis lowongan kerja remote.

2. Glints

Glints merupakan portal mencari pekerjaan yang dapat diatur filter-nya. Glints menawarkan lebih dari 5000 pekerjaan baru setiap bulannya; mulai dari digital marketer, writer, desainer grafis, sales, guru, dan lain sebagainya. Filternya bisa diatur sesuai keinginan Anda seperti filter untuk pekerjaan remote maupun kotanya.

3. Remote.co

Remote.co mengkurasi daftar kerja remote dan membantu untuk mencari atau melihat-lihat berdasarkan tipe-tipe pekerjaan. Daftar dan kategori pekerjaan termasuk: posisi customer service, desain, developer, recruiter dan HR, sales, dan pekerjaan remote online lainnya. Ada juga di dalam daftarnya jenis pekerjaan seperti penulis, manajer, dan marketer.

4. Working Nomads

Working Nomads adalah layanan newsletter yang didedikasikan untuk digital nomad yang cukup sibuk. Ketika mendaftar untuk newsletter, Working Nomads akan mengirimkan daftar kerja remote yang sudah dikurasi secara langsung ke inbox Anda. Anda bisa memilih email harian atau mingguan, sambil Anda bisa bepergian atau berpindah ke kota lain ketika pekerjaan mencari dan mendatangi Anda.

5. We Work Remotely

Dengan layout yang sederhana dan straightforward, portal kerja virtual ini menampilkan pekerjaan remote yang dikerjakan dari rumah saja. Jenis pekerjaannya mulai dari customer service, desain website, programming, dll. WWR menghubungkan 130K pengguna setiap bulannya dengan kesempatan telecommuting. WWR merupakan komunitas kerja remote terbesar dari seluruh penjuru dunia. Banyak perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Amazon, dan lain sebagainya yang termasuk di dalam daftarnya.

6. Flexjobs

Flexjobs mempunyai lebih dari 50 kategori kerja remote, dengan posisi-posisi pekerjaan yang cukup luas seperti freelance gigs, kerja paruh waktu, kerja waktu penuh, dengan karir remote mulai dari level pemula hingga eksekutif. Portal kerja virtual ini hingga saat ini sudah menjadi wadah bagi lebih dari 20K pekerjaan WFH dan postingan pekerjaan digital nomad.

7. Remote OK

Remote OK adalah situs kerja remote yang menandai semua daftar pekerjaan ― Anda dapat mengatur filter untuk daftar pekerjaan tertentu yang diinginkan; seperti filter untuk pekerjaan-pekerjaan yang di post oleh recruiter, filter berdasarkan tingkat pengalaman (junior, senior, dll), berdasarkan tipe pekerjaan (sales, marketing, desain, dll), dan bahkan bisa perusahaan teknologi atau non-teknologi.

Untuk kelancaran pekerjaan remote, Anda bisa memanfaatkan aplikasi chat karyawan guna melancarkan komunikasi Anda dengan rekan kerja maupun atasan. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan yang dapat memudahkan pekerjaan remote Anda adalah Worxspace. Yuk, konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda dengan Worxspace.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Latest Post
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?