Human Resource

Productivity

People Development

HR Personalia

Task Management

Job Seeker

9 Destinasi Wajib Untuk Kerja Remote atau Work From Anywhere

Jun 18, 2022 | Blog

Pernah mendengar istilah Work from Bali? Yap, Bali menjadi salah satu pilihan teratas untuk destinasi kerja remote. Banyak juga kota-kota lainnya di Indonesia yang menjadi destinasi kerja remote menyusul Work from Bali.

Dengan sistem kerja remote atau Work from Anywhere (WFA), Anda tidak perlu lagi datang ke kantor setiap hari untuk bekerja karena bekerja bisa dilakukan di mana saja sesuai keinginan Anda. Sehingga ongkos kantor bisa terpangkas dan Anda punya kebebasan untuk menciptakan suasana kerja sendiri. Selain itu, masih banyak lagi keistimewaan yang bisa didapatkan dari sistem kerja remote atau Work from Anywhere (WFA).

Penentuan destinasi kerja remote menjadi salah satu aspek penting untuk mempunyai lokasi idaman untuk bekerja bagi seorang pekerja dengan sistem WFA. Selain Work from Bali, masih ada banyak kota menarik di Indonesia yang bisa dijadikan destinasi kerja remote.

Apa itu Kerja Remote atau Work from Anywhere?

Istilah kerja remote atau Work from Anywhere (WFA) pasti sudah tidak asing, kan? Nah, saat ini sistem kerja remote atau Work from Anywhere (WFA) semakin digandrungi oleh generasi milenial, nih. Forbes menyebutkan bahwa Work from Anywhere (WFA) adalah sistem kerja yang selangkah lebih depan daripada Work from Home (WFH).

Kerja remote atau Work from Anywhere (WFA) adalah sistem kerja yang tidak terikat dengan waktu dan tempat. Sistem ini memberikan kebebasan bagi Anda untuk mengatur waktu kerja sendiri dan menentukan lokasi untuk bekerja karena biasanya sistem ini berorientasi pada hasil bukan proses. Gadget atau perangkat elektronik dan koneksi internet menjadi hal utama yang dibutuhkan oleh karyawan yang punya sistem kerja remote atau WFA.

Kenapa Kerja Remote Semakin Diminati?

Berawal dari kebijakan pemerintah selama masa pandemi untuk memberlakukan sistem Work from Home (WFH), tren kerja dengan tidak datang ke kantor menjadi meningkat. Terbukti bahwa bisnis bisa tetap berjalan dengan baik ketika para karyawan bekerja dari rumah dan tidak perlu datang ke kantor.

Beberapa keistimewaan yang ditawarkan sistem kerja remote seperti fleksibilitas menjadi daya tarik tersendiri bagi para jobseeker. Pada dasarnya, sistem ini hanya mensyaratkan 2 hal yaitu perangkat elektronik dan koneksi internet. Waktu dan tempat untuk bekerja yang fleksibel membuat Anda dapat menentukan sendiri jadwal kerja dan jadwal pribadi bahkan bisa sambil staycation. Misalnya kantor pusat tempat Anda bekerja berada di Malaysia, dengan sistem kerja remote Anda bisa saja memilih untuk Work from Bali karena Anda tidak perlu datang ke kantor.

Perusahaan Mana saja yang Menerapkan Sistem Kerja Remote?

Saat ini banyak perusahaan yang berpusat di dalam maupun luar negeri sudah menawarkan sistem kerja remote. Khususnya perusahaan-perusahaan di bidang teknologi, mereka banyak memberi peluang untuk kita menentukan destinasi kerja remote kita sendiri.

Banyak sekali website yang bisa digunakan untuk mencari pekerjaan dengan sistem kerja remote seperti Fiverr, Upwork, Remote.co, Jobstreet, LinkedIn, Flexjobs, dan masih banyak lagi. Anda bisa menemukan berbagai macam jenis pekerjaan dari perusahaan di berbagai belahan dunia dari situs-situs tersebut. Sebut saja Twitter, Airbnb, dan gitlab; mereka sudah menerapkan sistem kerja remote ini.

Destinasi di Indonesia yang Banyak Dipilih untuk Kerja Remote atau WFA

Indonesia dengan banyak pulau yang dimiliki menawarkan lokasi-lokasi apik yang sangat cocok untuk menerapkan sistem kerja remote. Bahkan pemerintah juga menginisiasi program Work from Bali.

Berikut 9 rekomendasi kota-kota di Indonesia yang menjadi toplist pilihan para digital nomad:

1. Canggu

Work from Bali

Sudah bukan hal yang mengejutkan bahwa Canggu menjadi destinasi nomer satu bagi para digital nomad untuk singgah. Dengan keindahan alam dan fasilitas yang mumpuni, Canggu menjadi lokasi yang sempurna untuk bekerja serasa staycation.

Canggu mempunyai banyak cafe vegan, restoran organik, bakeries, coffeeshop dan roastery, yoga studio, dan bar-bar; dekat dengan pantai Seminyak. Dikelilingi persawahan dan menjadi tempat yang tenang untuk bekerja. Kecepatan internet di sana cepat, banyak tempat rental, dan ramah baik bagi warga lokal maupun WNA.

2. Ubud

work from bali

Tidak jauh berbeda dari Canggu, Ubud juga menawarkan Work from Bali dengan keindahan alam dan berbagai fasilitas seperti cafe vegan, restoran organik, coffeeshop, dan resort. Ubud adalah tempat tepat untuk mendapat work-life balance; lekat dengan yoga, smoothies, meditasi, dan raw food. Di ubud bekerja pun bisa sambil healing.

Yang membedakan dengan Canggu adalah biaya hidup di Ubud sedikit lebih mahal karena Ubud sangat terkenal sebagai kawasan turis.

3. Lombok

Work from Lombok

Lokasi di Lombok juga mirip seperti Bali, hanya saja tempat-tempat di Lombok tidak seterkenal di Bali. Salah satu area yang mungkin dikenal adalah Senggigi, menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih dan juga Gili sebagai lokasi yang cocok untuk snorkeling dan berjemur. Alam yang disuguhkan Lombok tidak kalah cantik dari Bali.

4. Jakarta

Work from Jakarta

Sebagai wilayah ibukota, Jakarta menjadi kota paling sibuk dengan pemandangan gedung-gedung pencakar langit. Menjadi kota metropolis dengan berbagai fasilitas moderen, Jakarta memberi banyak pilihan penginapan, malls dan pertokoan, coffeeshop, kuliner, berbagai hiburan malam yang bisa menjadi selingan selepas lelah bekerja seharian. Sepertinya Jakarta lebih cocok untuk pekerja dari warga negara lain.

Namun, ada sisi negatifnya juga yaitu masalah polusi dan lalu lintas, dan untuk biaya hidup terhitung cukup mahal. Di luar itu, Jakarta menjadi kota yang tidak pernah membosankan.

5. Yogyakarta

Work from Jogja

Terkenal dengan kekayaan budaya lokal, kuliner, dan kota dengan hospitality yang unggul, Yogyakarta cocok untuk para digital nomad yang menginginkan lokasi bekerja sekaligus menikmati berbagai macam seni dan budaya.

Selain itu juga kota ini kaya akan wisata kuliner dan suasana kota yang asri serta penduduk yang ramah, membuat siapa saja betah untuk singgah berlama-lama di kota ini.

Work from Yogyakarta bisa dilakukan di beragam coffeeshop, cafe, hotel, dan tempat-tempat lainnya. Untuk yang suka bekerja dengan pemandangan alam, tentunya bisa memilih penginapan yang berada di wilayah pinggiran kota Jogja.

6. Bandung

Work from Bandung

Dikenal dengan sebutan kota ‘Paris van Java’, Bandung mempunyai kenyamanan tersendiri bagi para pelancong. Keseimbangan antara kota yang sibuk namun juga mempunyai sisi tenang menjadi tempat yang cocok bagi digital nomad untuk memilih Bandung sebagai lokasi kerja remote.

Banyak cafe-cafe lucu dan wisata kuliner yang bisa dikunjungi selama singgah di Bandung. Selain itu Bandung juga mempunyai wisata Kawah Putih dan Tangkuban perahu. Banyak tempat bisa dikunjungi sebagai hiburan di tengah jadwal bekerja.

7. Makassar

Work from Makassar

Merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, Makassar terletak di Sulawesi Selatan. Mungkin Makassar kurang terkenal dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Namun, justru itu yang menjadi pemikat kota ini karena menawarkan pengalaman dan pemandangan yang otentik bagi siapa saja yang singgah.

Kenyamanan dari kota besar dan ketenangan dari kota kecil dapat dirasakan sekaligus di Makassar. Bekerja remote di Makassar pun menjadi pengalaman yang nyaman dan tidak terlupakan.

8. Malang

Work from Malang

Meskipun nampak seperti kota kecil, Malang juga termasuk kota yang direkomendasikan untuk pemilihan lokasi kerja remote. Di Malang Anda dapat menemukan berbagai arsitektur yang unik dan apik, desa warna-warni, situs-situs kuno bersejarah, kedai berbagai makanan lezat, dan juga keindahan alamnya tentunya.

Malang terletak dekat dengan Gunung Bromo, sehingga sambil kerja remote Anda bisa mengambil waktu untuk bersinergi dengan alam mencoba pengalaman untuk mendaki, khususnya bagi para digital nomad berjiwa petualang.

9. Medan

Work from Medan

Jelajah kuliner yang menggairahkan selera makan, pemandangan yang luar biasa, dan tempat-tempat wisata warisan budaya otentik dapat memberikan pengalaman yang spektakuler bagi para digital nomad.

Danau Toba menjadi wisata alam andalan kota ini. Kemudian juga Medan menjadi pusat bisnis dengan penginapan-penginapan yang dekat dengan fasilitas dan kenyamanan yang dibutuhkan oleh para pekerja remote. Namun, meskipun bukan kota metropolitan, biaya hidup di Medan terhitung lumayan tinggi.Itu tadi destinasi kerja remote pilihan yang direkomendasikan untuk digital nomad.

Baik untuk warga lokal Indonesia maupun WNA, banyak kota pilihan di Indonesia yang menawarkan kenyamanan dan fasilitas yang dapat menunjang pekerja remote. Menarik bukan bekerja sambil staycation? Tertarik Work from Bali atau Work from Makassar? Anda bisa mulai melamar ke perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote. Selamat mencoba!

Mau Jadi Digital Nomad? Ini Tools Wajib untuk WFA!

Tren digital nomad semakin mempunyai potensi terus ditekuni oleh para pekerja yang memimpikan sistem kerja WFA. Dengan sistem kerja remote, digital nomad tentu memerlukan tools sebagai penunjang pekerjaan. Tools digital nomad berfungsi untuk tetap menghubungkan...

9 Cara Agar Karyawan Tidak Menunda Pekerjaan!

Hal yang sangat wajar jika pada waktu-waktu tertentu seorang karyawan merasa bosan di tengah-tengah padatnya jadwal bekerja, sehingga kerap kali terjadi seorang karyawan menunda pekerjaan. Saat seorang karyawan lelah dengan rutinitas bekerja, dia cenderung mencari...

Fakta Employee Bonding Meningkatkan Produktivitas Kerja?

Salah satu kegiatan yang diadakan oleh perusahaan yang bisa dikatakan ‘selingan’ di luar pekerjaan adalah employee bonding. Kegiatan employee bonding ini biasanya pun juga dijadikan sebagai agenda rutin perusahaan. Employee bonding bisa menjadi sarana bagi perusahaan...
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?