7 Aplikasi Chat Internal Kantor untuk Koordinasi & Kolaborasi Kerja Tim

Contents

Aplikasi Chat Internal Kantor

Karena komunikasi yang efektif dan cepat di tempat kerja sangat penting bagi bisnis apa pun untuk berhasil di masa depan, maka berinvestasi pada sebuah aplikasi chatting untuk kantor adalah hal bijak.

Ada banyak manfaat dari penggunaan aplikasi chat internal kantor, antara lain menjaga komunikasi internal perusahaan, meningkatkan produktivitas karyawan, dan meningkatkan keterlibatan karyawan. 

Bagi perusahaan yang mempekerjakan karyawan jarak jauh pun bisa lebih mudah mengelola komunikasi dan tugas lewat aplikasi chat untuk kantor atau aplikasi portal karyawan.

Pada dasarnya, aplikasi chat kantor dapat memastikan semua anggota tim berada dalam pemikiran atau fokus yang sama. Alih-alih harus menyebarkan banyak dokumen dan catatan fisik, perusahaan sekarang dapat sepenuhnya digital dan merampingkan komunikasi internal mereka untuk efisiensi yang lebih baik melalui aplikasi, selain itu aplikasi ini bisa menjadi aplikasi onboarding karyawan baru.

Rekomendasi 7 Aplikasi Chat Internal Kantor untuk Koordinasi dan Kolaborasi Tim Selama WFH atau Remote Working.

1. Slack

Tim yang bekerja dalam teknologi tinggi dan membutuhkan aplikasi obrolan tim untuk kolaborasi dalam proyek dapat memperoleh manfaat besar dari Slack. Ini adalah solusi obrolan perpesanan perusahaan dan aplikasi kolaborasi tim. Slack menampilkan kemampuan integrasi yang luar biasa dan bot untuk mengatur tindakan dan notifikasi otomatis. Ini juga memungkinkan pengiriman pesan 1: 1 dan grup, panggilan audio individu dan tim, dan konferensi video. Aplikasi ini cocok untuk bisnis dan organisasi besar.

2. Google chat

Aplikasi Google Chat (ex-Google Hangout) sering disebut sebagai “Versi Slack Google” untuk pengiriman pesan tim dan kolaborasi tempat kerja. Google Chat membantu tim berkolaborasi dengan mudah dan efisien dengan pesan langsung dan obrolan grup. Anda dapat mengatur ruang virtual khusus untuk menampung proyek dari waktu ke waktu, ditambah percakapan berulir. Alat ini memudahkan untuk melacak kemajuan dan menindaklanjuti tugas. 

3. Chanty

Chanty adalah aplikasi obrolan tim yang sederhana dan cepat untuk meningkatkan komunikasi dalam tim dari semua segmen bisnis. Dengan Chanty, Anda dapat dengan mudah berhubungan dengan karyawan dalam percakapan pribadi, publik, grup, dan satu lawan satu. Fitur Chanty memungkinkan Anda untuk menyimpan semua pesan, file, tautan, dan tugas Anda secara berurutan. Anda juga dapat mencapai tingkat produktivitas baru dengan Aplikasi pihak ketiga di Chanty.

4. Pronto 

Pronto adalah aplikasi perpesanan yang mudah diakses untuk semua anggota tim Anda. Mulai dari obrolan secara real-time, hingga berbagi file dan panggilan video, Pronto adalah cara cepat bagi karyawan di seluruh bisnis untuk terhubung. Aplikasi ini tersedia untuk penggunaan desktop dan seluler. Uniknya, di pronto terdapat fitur terjemahan pesan langsung yang memberi karyawan kemampuan untuk mengirim pesan dalam bahasa asli mereka. Sehingga aplikasi ini cocok untuk perusahaan yang memiliki karyawan di berbagai belahan dunia.

5. Discord

Sangat populer di kalangan gamer, discord menyebut dirinya sebagai obrolan suara dan teks all-in-one. Selain DM pribadi dan group pada umumnya, Discord menawarkan cara baru untuk berkolaborasi secara real-time: saluran suara (voice channels). Saluran suara juga bisa menjadi cara yang lebih mudah untuk berkolaborasi dan berbagi dokumen bersama. Lebih penting lagi, Discord menawarkan obrolan suara, video, dan teks tanpa batas yang semuanya gratis.

6. Microsoft Teams

Microsoft Teams digunakan oleh perusahaan besar dan bisnis kecil untuk menjaga agar tim tetap terhubung. Pesan instan, panggilan video, dan berbagi layar memungkinkan kolaborasi yang cepat dan efektif antar pekerja. Program ini menawarkan paket gratis, dan tersedia untuk diunduh untuk seluler dan desktop. Plus, jika Anda sudah membayar untuk Microsoft Office 365 Essentials atau akun Bisnis, mengintegrasikan aplikasi obrolan ini bakal jauh sederhana. Tentunya, aplikasi ini cocok bagi perusahaan yang mengharuskan karyawan mengharuskan memiliki akun Microsoft.

7. Worxspace

Worxspace adalah aplikasi perpesanan sekaligus manajemen proyek yang mudah digunakan. Worxspace berfungsi sebagai media komunikasi tim juga ditunjang fitur lain seperti berbagi file, video meeting, aplikasi direktori karyawan, manajemen tugas yang terintegrasi dengan schedule dan alat lainnya menunjang produktivitas tim. 

Kelebihan lain dari Worxspace adalah memiliki fitur yang meringankan tugas personalia, seperti kemudahan official broadcast message ke seluruh karyawan hingga akses pengajuan dan approval cuti yang lebih mudah. Lewat Worxspace, manajemen kerja tim dan personalia perusahaan dapat dilakukan semuanya dalam satu tempat yang tersentralisasi. Cocok untuk perusahaan kecil hingga besar.

Daftar aplikasi chatting untuk kantor di atas semoga bisa menjadi referensi yang membantu Anda menemukan yang terbaik. Tentunya pilih yang sesuai kebutuhan tim, budget, dan paling menguntungkan bisnis Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Latest Post
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?