Worxspace: Tools Komunikasi, Kolaborasi, Smart Personalia Sekaligus Digital Onboarding Karyawan Bagi Perusahaan Modern

Contents

Worxspace: Tools Komunikasi, Kolaborasi, Smart Personalia Sekaligus Digital Onboarding

Turn over karyawan Anda tinggi? Bisa jadi permasalahannya justru ada di tahap awal saat karyawan masuk. Mungkin mereka kesulitan beradaptasi dengan lingkungan kerja baru, rekan kerja baru, aturan-aturan dan SOP perusahaan. Hal ini berdampak pada pola komunikasi yang ujungnya pada performa karyawan itu sendiri, bahkan jauh sebelum itu adalah adaptasi karyawan. Tentunya hal semacam ini akan sangat merugikan karena perusahaan karena effort dan biaya rekrutmen karyawan baru juga tidak sedikit.

Tantangannya adalah bagaimana karyawan harus memiliki strategi onboarding karyawan yang efektif dan atraktif. Apalagi saat ini sistem kerja yang diterapkan tidak hanya work from office saja namun juga remote working yang tentunya jika tidak dikelola dengan baik proses onboarding akan sulit untuk dimaksimalkan.

Kemajuan teknologi ternyata bisa mewujudkan proses onboarding menjadi lebih efektif lho. Salah satunya adalah platform Worxspace yang merupakan aplikasi untuk membantu HR dalam menyediakan tools komunikasi, kolaborasi, smart personalia hingga bisa menjadi platform digital onboarding karyawan yang efektif, bagaimana caranya?

Sambutan Karyawan Baru Sejak Hari Pertama Masuk

Setiap karyawan baru masuk, aplikasi ini akan memberikan notice kepada seluruh karyawan untuk memberikan sambutan yang hangat melalui fitur greetings. Informasi dasar karyawan baru dari nama, jabatan, divisi bisa dilihat dari aplikasi ini.

Momen ini menjadi salah satu pendorong karyawan baru akan merasa lebih diterima, sehingga lebih memudahkan proses beradaptasi ke lingkungan kerja baru.

 “Worxspace dibuat untuk membantu proses onboarding melalui smart personalia. Nantinya saat karyawan masuk secara otomatis akan langsung diberikan informasi tentang penempatan karyawan serta dikenalkan kepada rekan kerja maupun atasannya. Karyawan lain pun juga dapat mengetahui informasi karyawan baru. kata Ardi Baskoro selaku product manager aplikasi Worxspace.

Kemudahan Akses Dokumen Personalia & Perusahaan

Karyawan baru dengan mudah mengakses SOP terkait pekerjaan dan perusahaan. Memiliki guidance direktori SOP perusahaan dalam aplikasi, sehingga kapanpun karyawan bisa melihat lagi aturan dan kebijakan perusahaan.

Dokumen penting lain seperti visi misi perusahaan, profil BOD dan perusahaan, sejarah perusahaan juga memudahkan karyawan lebih cepat mengenal perusahaan. Dokumen karyawan yang sifatnya private seperti kontrak kerja, SK,  slip gaji bulanan juga bisa diakses dengan mudah dari inbox karyawan. 

Komunikasi dan Kolaborasi Pekerjaan Sangat Mudah

Berbeda dengan platform chat publik pada umumnya, Worxspace memiliki tools internal chat yang sangat memudahkan khususnya karyawan baru. Akses kontak chat karyawan semuanya tersedia di aplikasi, tidak perlu harus menyimpan nomor telpon atau WhatsApp untuk memulai komunikasi. 

Selain tools komunikasi, karyawan baru juga otomatis tergabung dalam aplikasi sesuai dimana divisinya. Penugasan melalui task management juga akan memudahkan karyawan baru untuk mulai memahami tugas-tugasnya dengan mudah.

Akses Informasi Hingga Layanan Personalia Karyawan

Kemudahan lain yang bakal didapatkan oleh HR adalah penyampaian informasi penting perusahaan kepada seluruh karyawan. Aplikasi ini memungkinkan pengiriman broadcast informasi kepada seluruh karyawan, tidak hanya pengumuman saja, informasi penting seperti event internal, berita perusahaan hingga SOP terbaru bisa dikirimkan melalui Worxspace. Tentunya dengan kemudahaan ini update perusahaan akan dapat diterima secara langsung oleh seluruh karyawan. 

Dalam urusan perijinan, pengajuan yang sifatnya manual bisa difasilitasi secara digital. Karyawan dapat mengajukan ijin ataupun cuti melalui aplikasi yang akan langsung memberikan notifikasi kepada atasan dan HR sehingga approval juga bisa segera diberikan. Selain itu, nantinya informasi karyawan yang sedang melakukan cuti juga akan tampil di platform yang dapat dilihat oleh karyawan lain. 

Meningkatkan Engagement HR dan Karyawan

Tidak hanya mendukung kegiatan onboarding saja, sebagai smart personalia Worxspace juga memberikan akses komunikasi secara dua arah antara karyawan dengan bagian personalia. Menjadi media utama konsultasi personalia dengan HR melalui aplikasi.

“Dengan Worxspace nantinya karyawan bisa melakukan komunikasi dengan HRD melalui beberapa channel yang sudah disediakan. Pertama karyawan bisa langsung menghubungi HRD melalui private chat. Kedua karyawan juga bisa mengirimkan pesan yang lebih private melalui fitur inbox dan ketiga karyawan juga dapat berkomunikasi melalui chat bot untuk topik tertentu”, ungkap Ardi.

Adanya komunikasi yang baik ini diharapkan nantinya HR akan lebih mudah dalam melakukan pengelolaan karyawan. Bukan tidak mungkin jika nantinya engagement karyawan pun akan terbentuk dan bisa menjadi keuntungan bagi perusahaan.

Demikian sekilas tentang platform komunikasi dan kolaborasi internal Worxspace yang bisa dimanfaatkan juga oleh perusahaan untuk mengoptimalkan onboarding karyawan.

Tertarik untuk menggunakan Worxspace? Hubungi kami atau request free trial melalui www.worxspace.id

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Latest Post
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?