Human Resource

Productivity

People Development

HR Personalia

Task Management

Job Seeker

Fakta Employee Bonding Meningkatkan Produktivitas Kerja?

Jun 16, 2022 | Blog, Human Resource

Salah satu kegiatan yang diadakan oleh perusahaan yang bisa dikatakan ‘selingan’ di luar pekerjaan adalah employee bonding. Kegiatan employee bonding ini biasanya pun juga dijadikan sebagai agenda rutin perusahaan.

Employee bonding bisa menjadi sarana bagi perusahaan dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja. Banyak aktivitas dalam employee bonding yang secara tidak langsung juga berpengaruh terhadap sikap dan etos kerja karyawan di suatu perusahaan.

Apa itu Employee Bonding?

Istilah employee bonding tentunya sudah tidak asing bagi karyawan sebuah perusahan. Sebelum kita bahas lebih lanjut, yuk, kenali arti dari employee bonding itu sendiri. Employee bonding terdiri dari 2 kata Bahasa Inggirs yaitu employee dan bonding, menurut kamus Cambridge employee berarti seseorang yang dibayar untuk bekerja untuk orang lain, sedangkan bonding artinya sebuah proses untuk mengembangkan hubungan dekat secara emosional.

Jadi, employee bonding bisa diartikan sebagai suatu kegiatan yang diadakan suatu perusahaan dalam rangka mengembangkan hubungan emosional yang dekat baik antara perusahaan dan karyawannya maupun antar sesama karyawan.

Mengapa Employee Bonding Penting untuk Perusahaan?

Employee bonding menjadi salah satu agenda penting yang biasanya rutin diadakan oleh sebuah perusahaan demi menunjang produktivitas kerja karyawannya. Umumnya kegiatan employee bonding berisikan aktivitas-aktivitas seru yang diikuti oleh seluruh karyawan dan juga atasan untuk mempererat hubungan emosional antar karyawan dan dengan atasan. Demikian kegiatan employee bonding ini menjadi salah satu agenda yang sering ditunggu-tunggu oleh para karyawan.

Meskipun tidak menyinggung urusan pekerjaan secara langsung, namun employee bonding secara tidak langsung dapat meningkatkan produktivitas kinerja karyawan. Berbagai macam aktivitas selama employee bonding dapat meningkatkan beberapa aspek yang dapat menunjang kinerja perusahaan seperti team work, keakraban, solidaritas, kekompakan, leadership, kepercayaan terhadap rekan kerja, motivasi kerja, dan sarana refreshing.

Bagaimana Cara Bonding Team?

Dalam suatu perusahaan, divisi HR Personalia lah yang bertanggung jawab mengadakan dan menyusun rencana agenda employee bonding ini. Kegiatan employee bonding biasanya diadakan di luar kantor, bisa dilaksanakan sehari saja atau dua hari dengan menginap. Jika menginap tentunya agenda tersebut diadakan di sebuah penginapan yang memiliki area luas untuk pelaksanaan beragam aktivitas selama employee bonding berlangsung. Agenda tersebut bisa juga diadakan di tempat khusus yang menyediakan berbagai sarana outbond.

Sebelum melaksanakan employee bonding, HR Personalia harus menentukan tujuan agenda tersebut terlebih dahulu sehingga aktivitas selama employee bonding disesuaikan dengan tujuan diadakannya. Beberapa perusahaan terkadang juga menyisipkan workshop di dalam susunan acara, namun biasanya workshop dikemas secara kasual dan santai, jauh berbeda dari suasana kantor.

Contoh Kegiatan Employee Bonding Offline

Ketika perusahaan menerapkan sistem full Work from Office (WFO) biasanya employee bonding dilakukan secara offline dan di luar hari kerja seperti saat akhir pekan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dimasukkan ke dalam susunan acara employee bonding offline:

1. Meningkatkan Keakraban

Untuk lebih saling mengenal satu sama lain, acara perkenalan bisa dikemas dengan game seperti memperkenalkan teman di sebelahnya dengan menyebutkan nama, posisi/jabatan, dan 3 hal menarik tentang teman tersebut.

2. Sharing

Kegiatan ini bisa dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil untuk membahas satu topik tertentu yang berkaitan dengan pengembangan diri dan motivasi kerja.

3. Workshop

Selama employee bonding bisa disisipi kegiatan training maupun workshop dengan topik ringan dan dikemas secara santai.

4. 360 Degree Feedback

Kegiatan ini secara tidak langsung bisa menjadi instrumen untuk evaluasi kerja masing-masing karyawan. Yang mana feedback datang dari rekan kerja dan berbagai sudut pandang.

5. Games

Banyak sekali games bertemakan team building yang bisa dimainkan selama employee bonding seperti human knot, komunikata, escape room, tebak gambar, berburu harta karun, air berantai, dan lain-lain. Games biasanya dilakukan secara berkelompok.

6. Senam Pagi

Senam pagi menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan sekaligus menyehatkan. Jika employee bonding diadakan 2 hari dan menginap, ini wajib masuk ke rundown.

7. Kado Silang

Biasanya ada aturan batas harga maupun jenis barangnya, tergantung ketentuan dari pembawa acara. Kado silang juga menjadi daya tarik dalam kegiatan employee bonding.

8. Foto Bersama

Yang tidak kalah penting adalah foto bersama. Kapan lagi foto bersama semua warga perusahaan sekaligus juga dengan atasan.

Contoh Aktivitas Employee Bonding Online

Employee bonding juga bisa diadakan secara online, khususnya karena masa pandemi mengharuskan karyawan untuk WFH atau memang untuk perusahaan yang mengaplikasikan sistem kerja WFA. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan employee bonding offline karena beberapa kegiatan bisa dilakukan juga dengan sistem online, namun memang lebih terbatas. Bedanya adalah employee bonding online dilakukan dari rumah masing-masing dengan memanfaatkan teknologi. Kegiatan yang bisa dilakukan selama employee bonding online sebagai berikut:

1. Sharing

Meskipun secara virtual namun kegiatan sharing tetap bisa dilakukan. Bisa dalam skala besar atau dibagi ke kelompok-kelompok kecil memanfaatkan fitur aplikasi, membahas topik tertentu.

2. Workshop

Dengan memanfaatkan fitur share screen, training maupun workshop dapat dipresentasikan kepada para peserta.

3. Games

Ada banyak alternatif games yang juga bisa dilakukan secara online seperti tebak gambar dengan memanfaatkan fitur share screen juga, storyline berantai, three truth and a lie, bingo virtual, dll.

4. Menonton Film Pendek atau Video Bersama

Aktivitas ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan Netflix Party. Atau sekedar menonton video YouTube dengan fitur share screen.

5. Foto bersama

Foto bersama masih mungkin dilakukan sebagai dokumentasi dengan menangkap layar laptop oleh penanggung jawab dokumentasi.

Tools untuk Membantu Employee Team Bonding

Untuk keperluan employee bonding, khususnya pelaksanaan secara online, ada beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung pelaksanaannya. Aplikasi penunjang tersebut yang pasti harus menyediakan layanan group video call.

Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melaksanakan employee bonding suatu perusahaan yaitu:

Semoga beberapa kegiatan employee bonding online dan offline di atas dapat memberi inspirasi untuk pengadaan employee bonding di perusahaan Anda. Jangan lupa untuk menggunakan tools rekomendasi di atas untuk membantu kelancaran dan keseruan employee bonding perusahaan Anda.

Mau Jadi Digital Nomad? Ini Tools Wajib untuk WFA!

Tren digital nomad semakin mempunyai potensi terus ditekuni oleh para pekerja yang memimpikan sistem kerja WFA. Dengan sistem kerja remote, digital nomad tentu memerlukan tools sebagai penunjang pekerjaan. Tools digital nomad berfungsi untuk tetap menghubungkan...

9 Destinasi Wajib Untuk Kerja Remote atau Work From Anywhere

Pernah mendengar istilah Work from Bali? Yap, Bali menjadi salah satu pilihan teratas untuk destinasi kerja remote. Banyak juga kota-kota lainnya di Indonesia yang menjadi destinasi kerja remote menyusul Work from Bali. Dengan sistem kerja remote atau Work from...

9 Cara Agar Karyawan Tidak Menunda Pekerjaan!

Hal yang sangat wajar jika pada waktu-waktu tertentu seorang karyawan merasa bosan di tengah-tengah padatnya jadwal bekerja, sehingga kerap kali terjadi seorang karyawan menunda pekerjaan. Saat seorang karyawan lelah dengan rutinitas bekerja, dia cenderung mencari...
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?