11 Ide Employee Engagement Program untuk Perusahaan

Blog,HR Personalia
employee engagement

Setiap perusahaan pasti ingin memberikan kenyamanan bekerja bagi para karyawannya sehingga para karyawannya betah bekerja di perusahaan tersebut dan mempunyai kinerja yang maksimal. Salah satu strategi untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan meningkatkan employee engagement. Strategi meningkatkan employee engagement ini akan berdampak positif bagi karyawan dan juga perusahaan itu sendiri. Untuk meningkatkan employee engagement, perusahaan bisa membuat beberapa employee engagement program.

11   Program Untuk Meningkatkan Employee Engagement

Ada 11 ide program yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan employee engagement di perusahaan Anda, mengingat engagement karyawan yang tinggi sangatlah penting bagi perusahaan.

  1. Mengadakan acara atau kegiatan sesuai dengan passion anggota tim

Penting, lho, untuk tahu passion karyawan supaya lebih memahami mereka. Hal tersebut dapat membantu perusahaan terhubung dengan mereka dan menunjukkan kepada mereka bahwa perusahaan benar-benar peduli dengan hal yang mereka sukai. Misalnya karyawan Anda senang olah raga seperti badminton, perusahaan bisa mengadakan sparing atau turnamen kecil-kecilan badminton untuk para karyawan.

  1. Apresiasi untuk rekan kerja

Pemberian pujian atas kinerja yang baik bukan hanya menjadi keharusan bagi manajer saja, tetapi juga rekan kerja. Ketika mendengar seseorang berhasil akan sesuatu, temui dan secara personal ucapkanlah selamat kepada mereka. Hal tersebut akan sangat berarti bagi mereka dan mereka pun akan tergerak untuk melakukan hal yang sama ke orang lain.

  1. Gathering mingguan

Ambil setengah hari dari hari Jumat untuk mengadakan gathering warga perusahaan untuk bonding yang diadakan secara rutin setiap Jumat, bisa berkegiatan misal olah raga tertentu atau sekadar berkumpul dan sharing hal-hal diluar pekerjaan sehingga dapat semakin mengenal satu sama lain.

  1. Adakan rutinitas Senin trivia

Senin identik dengan hari yang tidak menyenangkan karena karyawan harus kembali bekerja setelah libur di hari Minggu. Perusahaan bisa mengadakan aktivitas yang menyenangkan untuk karyawan di hari Senin pagi seperti bermain game kecil-kecilan atau mengadakan sesi request lagu misalnya sebelum memulai kerja.

  1. Penawaran insentif

Perusahaan bisa menawarkan kompetisi yang sehat dan memberikan reward untuk excellent performance berupa insentif sebagai hadiah atas pencapaian yang sukses suatu gol. Tiket nonton, traktiran makan malam untuk berdua, atau hadiah lain yang sifatnya personal adalah ide yang tidak mahal yang dapat membuat karyawan mau untuk lebih berinvestasi ke pekerjaannya.

  1. Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mencoba hal baru di dalam perusahaan

Ada masa di mana seorang karyawan masih sedang mencari dan mereka-reka alur karir mereka. Jika seorang karyawan menemukan sesuatu yang lain di perusahaan yang menarik minat mereka dan mereka ingin mempelajarinya atau bahkan terlibat untuk mencoba mengeksekusinya, berikan kesempatan tersebut kepada mereka dan justru berikan pengarahan dan hal-hal yang dapat mendukung mereka.

  1. Program kesehatan dan kesejahteraan

Salah satu pertimbangan seorang karyawan dalam memilih tempat kerja adalah adanya jaminan kesehatan dan kesejahteraan yang ditawarkan oleh perusahaan. Misalnya saja jaminan BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan yang diurus oleh perusahaan untuk karyawannya.

  1. Menekankan work-life balance

Seringkali work-life balance tampak hal yang mustahil untuk dicapai. Sulit untuk menemukan keseimbangan antara kehidupan bekerja dan kehidupan pribadi yang keduanya sudah menerima perhatian yang cukup dan seimbang. Definisi work-life balance setiap karyawan bisa jadi berbeda dan beragam, jadi bicarakan dengan tim untuk melihat hal apa yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya. Komunikasi adalah kunci.

  1. Makan siang tim

Makan siang tim adalah acara kasual yang mendorong terjadinya percakapan organik sambil menyantap makan siang. Kegiatan ini bisa menjadi acara rehat sejenak dari urusan kantor. Makan siang tim ini bisa diadakan di kantor dengan katering atau bisa juga makan siang di luar kantor.

  1. Memfasilitasi karyawan dengan mendatangkan speaker yang memotivasi

Tentu baik untuk memulai minggu kerja dengan beberapa inspirasi, sangat direkomendasikan untuk perusahaan mendatangkan speaker yang memotivasi. Kegiatan ini bisa juga melibatkan aktivitas seperti creativity workshop atau seminar team-building untuk meningkatkan hubungan sesama warga kantor. Karyawan akan merasa senang atas kesempatan untuk tumbuh dan belajar dari ahli dan alhasil mereka menjadi lebih berenergi dan fokus.

  1. Menyediakan coaching dan training karyawan

Coaching dan mentoring seharusnya tidak terhenti setelah proses onboarding awal karyawan. Beberapa orang di perusahaan akan secara proaktif mencari mentor dan training, sedangkan yang lainnya akan diberikan oleh manajer mereka. Menawarkan sesi coaching mingguan yang opsional untuk mendiskusikan strategi dan taktik dapat membantu setiap anggota departemen meningkatkan peran mereka.

Kesimpulan

Program employee engagement penting untuk dirancang dan dipersiapkan dengan baik supaya dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar. Jenis program pun disesuaikan lagi dengan kondisi dan gol yang ingin dicapai. Employee engagement yang tinggi akan berpengaruh linear terhadap tingkat retensi karyawan juga. Jika perusahaan dapat mempertahankan karyawan-karyawan yang potensial, tentu perusahaan jugalah yang akan memetik dampak baiknya. Selain itu, tingkat engagement karyawan yang tinggi juga dapat menekan laju employee turnover.

Perusahaan bisa menggunakan beberapa program employee engagement sekaligus dalam pelaksanaannya. Jika satu program kurang efektif, perusahaan bisa mencari alternatif lain dan mengganti jenis programnya. Kemudian untuk melancarkan pelaksanaan program-program employee engagement tersebut, keberadaan sebuah tool multifungsi tentu akan sangat membantu. Worxspace merupakan sebuah aplikasi chat karyawan dan kolaborasi kerja yang bisa memudahkan pelaksanaan program employee engagement. Yuk, kenal lebih jauh aplikasi Worxspace dengan klik di sini.

Tags :
employee engagement
Share This :
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?