Love Language Karyawan untuk Employee Bonding

Contents

love language karyawan

Love Language (bahasa cinta) diartikan sebagai ungkapan dari seseorang untuk mengekspresikan rasa cintanya kepada orang lain.  Pertama kali dikenalkan oleh seorang konselor sekaligus speaker bernama Dr. Gary Chapman, yang Ia tuangkan dalam sebuah buku berjudul Five Love Language

Semua orang tentunya ingin merasa dicintai. Tanpa disadari ketika seseorang dicintai, mereka jauh lebih memiliki semangat dan motivasi. Adanya semangat dan motivasi dari dalam diri seseorang berpengaruh pada hasil atau apa yang akan mereka lakukan selanjutnya.

Mengenali Love Language Seorang Karyawan

Love Language biasanya identik dengan hubungan antar pasangan. Namun lebih dari itu, love language tidak sebatas hubungan antar pasangan tetapi juga di dalam berbagai hubungan seperti keluarga, sahabat hingga relasi dalam dunia kerja. 

Ini dapat ditunjukan tidak hanya hubungan antar karyawan tetapi juga antara atasan dan bawahan. Dalam dunia kerja, bahasa cinta mampu memberikan pengaruh pada performa dan kualitas kerja karyawan. Tak jarang, untuk menumbuhkan rasa saling mencintai dan keakraban karyawan, diadakan acara  keakraban. 

5 Tipe Love Language Karyawan dalam Perusahaan

Tiap orang memiliki love language yang berbeda-beda, menurut Dr. Gary Chapman, bahasa cinta dapat terbagi dalam 5 tipe seperti:

1. Sentuhan Fisik & Dorongan (Physical Touch/Encouraging Touchpoints)

Dalam dunia kerja, sentuhan fisik adalah salah satu love language yang tidak memiliki jangkauan lebih luas untuk dilakukan. Namun beberapa aktivitas yang menggambarkan tipe love language ini kerap terjadi secara tidak langsung tanpa kita menyadarinya seperti:

  • Mengajak melakukan “tos” atau jabat tangan setelah sukses menyelesaikan task atau project
  • Kontak mata dengan tersenyum yang menandakan adanya rasa respect satu sama lain
  • Menepuk pundak rekan kerja untuk menunjukan keakraban maupun apresiasi

Beberapa contoh tindakan diatas terlihat sederhana, namun jika hal ini diterapkan memungkinkan terciptanya kerukunan dan positive vibes di lingkungan kerja.

2. Menerima dan Memberi Hadiah (Receiving Gift)

Perwujudan love language selanjutnya, adalah memberi dan menerima sebuah hadiah. Sering kali terjadi, ketika terdapat momentum tertentu seperti: makan bersama saat perayaan hari besar, anniversary perusahaan dan lain sebagainya. Atau momen yang lebih personal seperti: ulang tahun seseorang, apresiasi seseorang yang sudah lama bekerja dan lain-lain.

Namun tak sebatas pemberian barang seperti yang ada diatas, pemberian dan penerimaan hadiah dapat berupa kenaikan pangkat seseorang, promosi jabatan dan sebagainya.

3. Sikap Melayani (Acts of Service)

Ketika bekerja kita dituntut untuk dapat memberikan usaha yang maksimal demi hasil yang terbaik. Tidak menutup kemungkinan, pekerjaan yang kita terima pada suatu hari melampaui batas atau overworked sehingga mudah merasakan kecapekan atau bahkan sakit.

Love Language ketiga ini adalah bagaimana seseorang dengan sukarela memberikan tawaran untuk membantu terselesaikannya pekerjaan dan memberikan dukungan (support). Diawali dengan diskusi ringan dan pemberian masukan, mengambilkan minum dapat berarti besar bagi seseorang yang mengalaminya.

4. Kualitas Waktu (Quality Time

Kualitas waktu (quality time) dalam hal love language dilingkungan kerja, diartikan sebagai meluangkan waktu untuk berdiskusi atau sebatas mengobrol santai. Seseorang yang terus menerus merasakan overworked memungkinkan terjadinya perubahan performa, sikap bahkan kesehatan mereka. Quality Time dengan mengajak seseorang berdiskusi, berkolaborasi dan menyamakan persepsi mampu menjadi faktor pemulihan mereka.

Lebih luas lagi, perusahaan terkadang menyelenggarakan event internal seperti: company outing, team building, gathering dan lainnya untuk mengembalikan semangat mereka. 

Work life balance rupanya menjadi istilah yang kerap kita dengar saat ini. Dimana adanya manajemen atau keseimbangan antara bekerja, berdiskusi santai dan waktu personal. Menerapkan work life balance, berpotensi secara signifikan dalam meningkatkan moral dan kedisiplinan karyawan.

5. Ungkapan Apresiasi (Words Affirmation)

Love language yang sering dilakukan dalam kehidupan kerja adalah apresiasi. Ungkapan apresiasi (words affirmation)  berupa ucapan terimakasih, pujian, feedback dan mengucapkan selamat secara tidak langsung mampu meningkatkan performa dan motivasi mereka.

Terlihat sepele, nyatanya words affirmation berdampak besar bagi para pekerja. Ketika budaya words affirmation ada di tengah-tengah lingkungan kerja, maka akan atmosfer kerja menjadi lebih positif dan baik. 

Words Affirmation, biasanya tidak hanya dapat dilakukan secara langsung ketika saling bertemu akan tetapi dapat secara tidak langsung. Penyampaian secara tidak langsung ini bisa dilakukan dengan aplikasi komunikasi internal perusahaan.

Lalu apa saja dampak positif dari words affirmation?

1. Meningkatkan Mental Health

Salah satu fungsi words affirmation adalah meningkatkan kesehatan mental antar pemberi maupun penerima. Mengapa demikian? Implikasi positif yang berasal dari pikiran nantinya akan menyebar ke seluruh aspek pada tubuh kita. 

Sering kita mendengar beberapa karyawan mengalami gangguan kesehatan mental karena adanya pressure atau tekanan yang membuat stress berat. Adanya kondisi ini memungkinkan terciptanya lingkungan kerja yang tegang dan negatif.

Penerima apresiasi cenderung akan merasa bahagia dan lebih berambisi memberikan yang terbaik karena perasaan positif yang mereka rasakan.

2. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Adanya stimulan pembuktian untuk lebih baik lagi dalam menghasilkan pekerjaan, mampu mempengaruhi peningkatan produktivitas kinerja. Dengan demikian, juga mempengaruhi tercapainya goals perusahaan.

Disamping itu, ketika seorang karyawan diapresiasi bahkan mendapat reward tertentu, tentu juga akan berpengaruh pada karyawan lain untuk dapat melakukan hal yang sama. 

3. Meningkatkan Loyalitas pada Perusahaan

Rasa bahagia yang dirasakan oleh seorang karyawan, mendorong mereka untuk berpikir positif dan meningkatkan rasa cinta akan perusahaannya. Adanya rasa menghargai atas hasil kerja karyawan, akan mempengaruhi rasa setia atau loyalitas karyawan. 

Sehingga relasi yang terjalin tidak hanya sekedar perusahaan dan karyawan namun merasakan ikatan emosional atau keluarga.

Bangun komunikasi dengan Aplikasi Kolaborasi Karyawan

Sebagai salah satu pendukung aktivitas komunikasi kolaborasi antar karyawan maupun atasan, aplikasi kolaborasi merupakan produk kemajuan teknologi yang cocok untuk digunakan. Kolaborasi tidak terbatas ketika satu dan beberapa orang bertemu. Lebih dari itu, aplikasi kolaborasi memfasilitasi atasan dan karyawan untuk melakukan komunikasi dan kolaborasi walau tanpa bertatap muka.

Worxspace, sebagai aplikasi komunikasi internal yang memfasilitasi seluruh kegiatan kolaborasi perusahaan dalam menunjang produktivitas. Sebagai penetrasi dari budaya atau penyampaian love language dilingkungan kerja, worxspace dibekali oleh fitur komunikasi news and greet. 

Fitur News and Greet

Salah satu fitur Worxspace, yaitu News and Greet memungkinkan para penggunanya untuk saling mempererat relasi antar karyawan dan atasan. Fitur News menjadi sarana atau sumber informasi update mengenai perusahaan yang dapat diketahui oleh karyawan. Dengan demikian, dapat mendorong transparansi informasi.

Tidak sampai di situ, Worxspace juga didukung oleh fitur Greetings yang memfasilitasi karyawan dan atasan saling menyapa dan berkomunikasi. Fitur ini juga akan memberitahukan update tiap karyawannya seperti: ulang tahun, karyawan baru dan lain-lain. Sehingga, dengan mudah mereka dapat memberi atau menerima pesan sebagai ungkapan apresiasi atau words affirmation.

Kesimpulan

Menerapkan Love Language di tempat kerja merupakan langkah sederhana yang dapat diambil untuk menciptakan atmosfer kerja yang positif dan lebih produktif. Tidak hanya secara langsung, love language juga dapat diungkapkan melalui aplikasi kolaborasi karyawan Worxspace lewat fitur-fiturnya. Penerima dan pengirim love language dapat dengan mudah menggunakannya. 

Worxspace hadir dengan fitur Comapny Directory, News & Greet, Task Management, Internal Messaging dan Smart Personalia yang mampu meningkatkan kualitas komunikasi internal perusahaan. Anda siap berkomunikasi di era digital bersama Worxspace? 

Jangan ragu untuk mengkonsultasikan kebutuhan anda bersama kami, dan nikmati segala kemudahannya. Ada pertanyaan? Hubungi Kami

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Latest Post
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?