15 Metode Pengukuran Kinerja Karyawan di Tech Startup

Contents

pengukuran kinerja karyawan

Salah satu proses yang cukup krusial bagi perusahaan yaitu mengukur kinerja karyawan. Dengan mengukur kinerja karyawan, perusahaan bisa mendapat output yang bermanfaat bagi keberlangsungan hubungan kerja karyawan dengan perusahaan.

Untuk mengukur kinerja karyawan, tentu harus melalui proses perencanaan dan perancangan yang matang agar prosesnya dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Perusahaan bersama tim yang mendesain penilaian kinerja karyawan dapat menggunakan beberapa metode dengan melalui beberapa penyesuaian. Untuk tahu metode apa saja yang bisa digunakan untuk mengukur kinerja karyawan khususnya yang biasa digunakan oleh tech startup, simak artikel ini sampai habis, ya.

1. Penilaian Kinerja Umum (General Appraisal)

Bentuk paling umum dari penilaian kinerja karyawan adalah interaksi berkesinambungan sepanjang tahun antara manajemen dan karyawan. Ini memungkinkan pengecekan progres secara teratur dapat dilakukan. Dengan begitu rewards dan review tersedia setiap tahunnya.

2. Penilaian Kinerja dengan Negosiasi (Negotiation Appraisal)

Tipe ini membutuhkan seorang mediator selama proses keseluruhan evaluasi. Apresiasi diberikan sebelum kritikan. Penilaian kinerja karyawan dengan negosiasi termasuk menguntungkan dalam hal penyelesaian adanya ketidaksepakatan akan suatu hal.

3. Management by Objective (MBO)

Jenis ini dinilai sebagai salah satu praktik penilaian kinerja karyawan terbaik. Manajemen dan karyawan bekerja bahu-membahu. Ada diskusi rutin yang berlangsung. Insentif mungkin untuk ditawarkan ke karyawan sebagai imbalan atas kerja keras mereka.

4. Assessment Center Method

Pada tipe ini, karyawan dibuat sadar akan persepsi orang lain terhadap mereka. Review dibagi menjadi tiga tahap: pre-assessment, during the assessment, dan post-assessment. Hal tersebut membantu karyawan melihat lebih dekat ke praktik kerja mereka.

5. Penilaian Kinerja Diri Sendiri (Self-appraisal)

Penilaian performa diri sendiri ini dapat membantu mengidentifikasi dan menerima kelebihan dan kelemahan mereka. Biasanya, praktik penilaian kinerja diri sendiri melibatkan aktivitas pengisian form berisi banyak detail. Tipe ini bisa dilaksanakan dengan media form penilaian kinerja yang berbentuk esai atau menulis bebas penilaian kinerja diri sendiri.

Karyawan diminta untuk menganalisa kemampuan mereka berdasarkan sebuah checklist sehingga mereka dapat mengenali dan memperbaiki area dimana mereka tertinggal. Kemudian, form ini juga menyediakan ruang saran dan feedback untuk manajemen.

6. Penilaian Kinerja 360o

Tipe ini dikenal juga dengan peer-to-peer review. Rekan kerja diminta untuk mengevaluasi performa satu sama lain. 360o menyediakan review bergilir secara teratur untuk setiap karyawan sehingga membantu untuk menjauhkan bias. Sebagian besar perusahaan Fortune-500 menggunakan tipe ini untuk proses pengembangan aspek kepemimpinan mereka.

7. Review Klien

Jenis ini membantu mengungkapkan personalitas karyawan di luar area perusahaan. Klien yang berinteraksi langsung dengan karyawan diminta untuk memberikan feedback. Selain itu, tipe ini juga membantu mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk klien.

8. Behaviorally Anchored Rating Scale (BARS)

Performa dan kemampuan karyawan dievaluasi menggunakan standar pre-determinasi. Keuntungan dari tipe ini adalah karyawan sudah tahu parameter yang akan digunakan untuk menilai mereka sehingga membuatnya mudah untuk dimengerti. Skala bisa disesuaikan lagi untuk peran yang berbeda-beda.

9. Penilaian Kinerja dengan Pemberian Peringkat

Tipe ini memberi rangking karyawan dari yang terbaik hingga terburuk. Implementasi dari metode ini memerlukan sebuah pendekatan sistematis. Kelemahan dari tipe ini adalah subyektif dan mengasumsikan setiap orang setara. Selain itu juga mempunyai kecenderungan mengabaikan strength tertentu.

10. Metode Akuntansi HR

Metode ini murni berdasarkan profit. Tipe ini mengevaluasi hasil laba yang dihasilkan oleh karyawan untuk perusahaan. Tipe ini bisa menghitung biaya keberlangsungan karyawan di perusahaan dan mengabaikan service value dan hubungan interpersonal.

11. Penilaian Kinerja Performa Administratif

Karyawan dievaluasi berdasarkan kemampuan spesifiknya, dilihat dari kemampuan tertentu yang dimiliki. Tipe ini memungkinkan manajemen untuk mengalokasikan proyek sesuai dengan kemampuan khusus yang dimiliki karyawan.

12. Review Evaluasi Proyek

Metode ini mengevaluasi performa karyawan di setiap akhir suatu proyek. Tipe ini menyediakan sistem feedback yang teratur sehingga skill karyawan berkembang di setiap tantangan yang dihadapi.

13. Skala Grafik Peringkat

Pada tipe ini manajer memberikan peringkat kepada karyawan berdasar kemampuan dan performanya menggunakan skala kualitas tertentu untuk assessment-nya. Tipe ini membantu membagi tingkatan karyawan dan mengukur perilakunya. Kelemahannya adalah toleransi dan keketatan bergantung hanya pada evaluator.

14. Penilaian Kinerja Secara Psikologis

Jenis ini berfokus pada estimasi performa karyawan di masa mendatang. Cara kerjanya dengan mengevaluasi komponen berbeda dari personalitas karyawan. Hal ini didasarkan pada tes yang dilakukan oleh psikolog berlisensi.

15. Manajemen Penilaian Kinerja Menggunakan Software

Penilaian kinerja karyawan tipe ini menggunakan metode yang melibatkan teknologi (software). Metode ini faktual dan tidak melibatkan bias apapun. Salah satu rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu proses penilaian kinerja karyawan adalah Worxspace. Hal-hal seperti broadcast pengumuman pengadaan penilaian kinerja, reminder untuk penilaian kinerja yang akan datang, penyaluran form penilaian kinerja bisa dilakukan dengan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Worxspace, yaitu aplikasi komunikasi karyawan dan kolaborasi kerja untuk berbagai kebutuhan proses bisnis perusahaan Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Latest Post
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?