Software dan Aplikasi HR Helpdesk

Contents

Aplikasi HR Helpdesk

Software dan aplikasi HR help desk merupakan teknologi yang sangat penting bagi perusahaan yang ingin memaksimalkan efisiensi dan produktivitas di departemen SDM-nya. Dalam lingkungan kerja yang semakin kompleks, kebutuhan akan solusi otomatisasi untuk manajemen karyawan dan administrasi semakin meningkat. 

HR help desk adalah sistem yang menjadi sebuah terobosan dan dirancang khusus untuk membantu mempercepat dan mempermudah proses manajemen karyawan, mulai dari pengelolaan data karyawan hingga tugas-tugas administratif seperti penggajian dan manajemen presensi karyawan.

Yuk, baca artikel ini sampai habis, ya, untuk lebih memahami software dan aplikasi HR help desk.

Apa itu Software dan Aplikasi HR Help Desk?

Software dan aplikasi HR help desk adalah sebuah tool bisnis yang digunakan oleh departemen Human Resource untuk mengelola permintaan, komplain, dan pertanyaan karyawan dengan cepat. Profesional HR dapat melacak semua permintaan yang dibuat oleh karyawan di satu tempat dan memastikan mereka mendapatkan respon sesegera mungkin. 

Aplikasi tersebut juga membantu perusahaan untuk menyediakan sebuah portal self-service di mana para karyawan dapat menemukan jawaban dan informasi yang relevan dan mempelajari perusahaan lebih dalam. Dengan sebuah tool HR help desk, Anda bisa dengan mudah mengoptimalkan sumber daya dan meningkatkan efisiensi helpdesk internal.

Kegunaan Software dan Aplikasi HR Help Desk untuk Bisnis

Software dan aplikasi HR desk help tidak hanya berguna untuk tim HR perusahaan saja, lho. Namun, tool tersebut juga akan membantu karyawan secara keseluruhan dan memberikan dorongan untuk keseluruhan perusahaan. Berikut beberapa kegunaan software dan aplikasi HR help desk:

  • Mewujudkan Pengalaman Karyawan yang Lebih Baik

Salah satu tujuan dari HR adalah untuk memelihara kepuasan karyawan yang tinggi. Tidak selalu mudah untuk melaksanakannya tetapi dengan memiliki sistem yang efisien dan ramah pengguna untuk menjawab pertanyaan karyawan seputar urusan personalia tentu saja akan meningkatkan pengalaman karyawan dan juga reputasi departemen HR perusahaan. Ramah pengguna artinya dapat dengan mudah diakses oleh karyawan dengan interface sederhana, sesuatu hal yang dapat dibantu oleh keberadaan software.

  • Meningkatkan Produktivitas

Software manajemen HR akan menangani semua tugas repetitif yang menyita waktu para staff HR sehingga mereka lebih punya waktu untuk mengerjakan tugas lainnya juga dan mereka jadi bisa mengerjakan tugasnya dengan lebih baik lagi. Ketika mereka menangani pertanyaan atau masalah personalia, satu sistem akan membantu mereka untuk mengelolanya dengan baik. Pekerjaan jadi lebih mudah.

  • Meningkatkan Pengetahuan Dasar

HR help desk mampu menyajikan segala informasi yang dibutuhkan sehingga keberadaannya dapat membangun sebuah pusat pengetahuan yang bertumbuh secara konstan. Beberapa software manajemen HR akan mengkonversi jawaban permintaan umum secara otomatis ke dalam sebuah pusat pengetahuan yang di mana nantinya karyawan lain juga bisa mengaksesnya jika membutuhkan.

  • Privasi dan Konfidensialitas Menjadi Lebih Baik

Perusahaan biasanya mempunyai obligasi legal untuk melindungi informasi karyawan. Pengaturan data terpisah pada software helpdesk membantu HR menyimpan permintaan secara privat.

  • Mengoptimalkan Kerja Remote

Jika masih ada aturan WFH atau memang sistem perusahaan Anda adalah kerja remote, maka hal tersebut berpotensi membuat pekerjaan HR menjadi lebih sulit dan menantang, namun tidak akan menjadi sebuah hambatan jika tim HR Anda menggunakan software manajemen HR. Bahkan dalam zona waktu yang berbeda, karyawan akan bisa untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat.

Mengapa Software dan Aplikasi HR Help Desk Penting?

Software HR help desk dengan sistem automasi membantu karyawan untuk mengakses aplikasi mobile dan portal website kapanpun dengan layanan self-service sehingga mengurangi waktu atau panggilan untuk hal-hal yang repetitif. Pendekatan ini membantu untuk memastikan kesuksesan inisiatif transformasi HR, menciptakan tenaga kerja yang lebih engaged dan loyal, membantu HR merespon atas pertanyaan harian karyawan, dan mengurangi biaya, serta dilengkapi dengan statistik dan metrik untuk mengambil aksi yang penting guna menyampaikan kebijakan baru, mengulas performa, dan membuat keputusan.

Dengan berbagai fitur yang dapat mengoptimalkan efisiensi dan produktivitas karyawan, software dan aplikasi HR help desk seharusnya menjadi sebuah prioritas perusahaan. Anda bisa menciptakan siklus hidup karyawan yang sehat dengan bantuan software dan aplikasi HR help desk karena dapat memelihara pengalaman karyawan dan meningkatkan kepuasan karyawan, sehingga hal tersebut dapat berdampak langsung pada usaha perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Solusi HR Helpdesk dengan Aplikasi Worxspace

Software dan aplikasi HR help desk mempunyai segudang manfaat, bukan hanya mengelola permintaan IT saja. Jika perusahaan Anda tidak menggunakan bantuan software helpdesk untuk memperbaiki dan meningkatkan proses HR, perusahaan bisa jadi akan menemui kesulitan. 

Jangan sampai tim HR Anda membuang-buang waktu untuk menjawab pertanyaan yang sama secara berulang-ulang atau terjebak di tumpukan permintaan yang membludak. Software manajemen HR bisa menghilangkan masalah-masalah tersebut.

Worxspace hadir sebagai solusi cerdas yang akan menjadi tool manajemen HR perusahaan Anda. Software aplikasi kolaborasi kerja dan personalia ini merupakan portal yang tepat yang dapat berfungsi sebagai HR help desk Anda. Worxspace mempunyai berbagai fitur yang dapat mengatasi dan memudahkan urusan personalia sehingga perusahaan dapat meningkatkan pengalaman karyawan. 

Fitur-fitur tersebut termasuk fitur company profile, employee directory, board of director, dan document management sebagai sumber informasi terpusat mengenai perusahaan dan karyawan. Kemudian ada fitur payroll, leave & approval, personalia chatbot & broadcast, employee onboarding, internal polling, greeting, company news, back office, dan dashboard. 
Selain itu, Worxspace juga mempunyai fitur kolaborasi kerja yang lengkap dan task management. Dengan semua fitur yang dibutuhkan ada di dalam satu aplikasi saja, maka akan memudahkan pekerjaan dan meningkatkan produktivitas kerja.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Latest Post
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?