Human Resource

Productivity

People Development

HR Personalia

Task Management

Job Seeker

Aplikasi Chat Selain WhatsApp untuk Perusahaan

Jun 14, 2022 | Blog, Productivity

Siapa, sih, yang nggak punya aplikasi WhatsApp di smartphone? Tapi untuk urusan pekerjaan, ada nggak, ya, aplikasi chat selain WhatsApp?

Saat ini, pasti masih banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi WhatsApp untuk dijadikan platform utama komunikasi antar rekan kerja untuk berkoordinasi seputar kerjaan. WhatsApp memang sangat mumpuni untuk jadi sarana komunikasi dan telah dikenal dan digunakan di berbagai negara. Bisa jadi masih banyak yang belum tahu kalau sebenarnya ada, lho, aplikasi chat selain WhatsApp yang jauh lebih mumpuni untuk komunikasi urusan pekerjaan.

First thing first, WhatsApp banyak digunakan oleh masyarakat untuk sarana komunikasi pribadi. Jika pesan tentang koordinasi pekerjaan dan obrolan pribadi menjadi satu di platform yang sama, kemungkinan besar akan terjadi pesan menjadi tumpang tindih. Alhasil bisa saja ada beberapa pesan yang berkaitan dengan pekerjaan malah jadi terlewatkan dan tidak terbaca. Yuk, cari tahu aplikasi chat selain WhatsApp di sini.

Mengapa Sebaiknya Memisahkan Chat Pribadi dengan Pekerjaan?

Jika chat pribadi dan pekerjaan berada di satu aplikasi chat, ada kemungkinan besar pesan jadi bercampur baur dan sulit untuk diorganisir, sehingga bisa terjadi kemungkinan besar justru chat pekerjaan tertimbun dan malah jadi tidak terbaca atau terabaikan. Hal ini tentu menjadi kendala dan bisa malah jadi menghambat pekerjaan. Demi kelancaran pekerjaan, sebaiknya beralih ke aplikasi chat selain WhatsApp. 

Aplikasi WhatsApp sendiri mempunyai keterbatasan size file yang dikirim. Alternatifnya bisa berbagi file yang punya size besar di Google Drive. Namun, tentunya menjadi tidak efektif karena harus melibatkan beberapa aplikasi untuk berkoordinasi satu pekerjaan. Alangkah praktisnya kalau semua urusan pekerjaan dilakukan di satu aplikasi saja; seperti untuk chat, berbagi file, concall, pengelolaan rapat, pengelolaan ruang diskusi, dan lain sebagainya. Dan tentunya, ketika chat pribadi dan kerjaan jadi satu di WhatsApp, ada kecenderungan sulit memisahkan urusan pribadi dengan urusan pekerjaan.

Berbeda halnya jika kita memakai aplikasi chat selain WhatsApp. Dengan memisahkan komunikasi pribadi dan komunikasi pekerjaan, banyak hal-hal yang tidak diingikan dapat kita hindari. Misalnya saja jika chat pribadi terpisah dari chat pekerjaan, salah kirim pesan pribadi yang kadang mengandung hal-hal yang bersifat sangat pribadi dapat dihindari. Kemudian ketika hari libur, kita jadi tidak parno untuk membuka aplikasi WhatsApp karena tidak perlu melihat notifikasi pekerjaan yang dapat mempengaruhi suasana hati yang sedang berada dalam mode istirahat santai dan bebas dari pekerjaan.

Lalu melakukan panggilan ke orang yang salah juga tentunya dapat dihindari. Kalau semua jadi satu di WhatsApp, kemudian kita mempunyai beberapa nama kontak yang sama atau mirip bisa saja terjadi semisal kita ingin menelefon teman untuk keperluan urusan pribadi tapi tidak sengaja malah melakukan panggilan ke rekan kerja atau bahkan atasan. Tidak mau hal-hal seperti yang disebutkan terjadi bukan?

Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan aplikasi chat selain WhatsApp untuk urusan pekerjaan. Sebaiknya beralih ke satu aplikasi all-in-one yang mempunyai fitur-fitur yang menunjang pekerjaan seperti group chat, broadcast message, task management, schedule meeting, dan lain-lain. Terlebih, ketika koordinasi pekerjaan menggunakan aplikasi chat yang memang khusus untuk bisnis dapat menjadikan proses kerja lebih profesional.

Alternatif Aplikasi Chat untuk Kantor

1. Worxspace

Aplikasi chat bisnis Worxspace adalah aplikasi chat antar karyawan yang multifungsi dan menjadi rekomendasi terbaik untuk beralih dari aplikasi chat selain WhatsApp. Worxspace didesain khusus untuk menjadi alternatif sarana komunikasi bisnis sehingga chat pekerjaan dapat terpisah dari chat pribadi. Dengan begitu urusan pekerjaan bisa lebih terorganisir dengan baik dan komunikasi tim bisa lebih efektif.

Worxspace menawarkan berbagai fitur unggulan yang dirancang khusus untuk komunikasi bisnis seperti simple task management, calendar & schedule, team & channel, company directory, broadcast HR Info & Announcement, Employee Profile, Data Privacy, Work Life Balance, Leave untuk prosedur cuti yang lebih mudah, dan lain-lain; yang memungkinkan komunikasi tim terjadi dalam hal seperti mengelola proyek, berbagi file, video meeting, dan masih banyak lagi guna menunjang produktivitas kerja.

Anda bisa membuat channel khusus di Worxspace untuk sebuah tim yang berisi beberapa rekan kerja tim terkait diskusi topik atau proyek tertentu. Selain itu juga Worxspace menawarkan solusi untuk meringankan tugas personalia seperti kemudahan official broadcast message ke seluruh karyawan yang otomatis terintegrasi sehingga urusan seperti pengajuan dan approval cuti dapat lebih mudah dilakukan.

Kabar baiknya, aplikasi Worxspace tersedia di Android dan juga iOS. Ingin lebih profesional dan produktif dalam komunikasi dan bekerja sama dengan tim? Yuk, beralih ke Worxspace.

2. Matrix.org

Ada juga alternatif lain yaitu Matrix.org untuk komunikasi pekerjaan yang menerapkan prinsip komunikasi yang terdesentralisasi dan dienkripsi.

Matrix.org cocok untuk publikasi chat secara aman, berbagi dan berlangganan data secara global tanpa syarat khusus server tertentu, sehingga aman ketika trafik data terjadi dalam jaringan terbuka. Selain itu, Matrix.org juga memungkinkan komunikasi tetap berjalan meskipun server Anda offline; tidak terhambat sampai server kembali online.

Beberapa fitur yang bisa Anda temukan pada aplikasi ini yaitu Instant Messaging, WebRTC/Voice over IP (VoIP) atau video call menggunakan Matrix signalling, IoT communication, pesan end-to-end encryption, group chat, presensi, pemrosesan data secara real time, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini tersedia di Android, iOS, dan web, menawarkan API dan SDK http sederhana yang memungkinkan untuk membuat ruang chat, pengelolaan pesan, pengaplikasian pesan end-to-end encryption, transfer file, history chat yang tersinkronisasi, formatting pesan, penerimaan notifikasi pesan telah dibaca, dan lain sebagainya.

Tertarik menjajal alternatif aplikasi chat Matrix.org?

3. Slack

Anda mungkin juga sudah familiar dengan aplikasi ini. Slack adalah aplikasi bisnis yang mendukung kolaborasi dalam tim yang menawarkan berbagai macam fitur untuk menjaga komunikasi pekerjaan berjalan teratur dan efektif. Slack adalah platform komunikasi terpadu yang memungkinkan tim untuk lebih fokus terhadap kolaborasi kerja dan produktivitas.

Beberapa kegiatan kerja yang dilakukan melalui Slack yaitu mengelola tugas pekerjan, mengobrol dan berdiskusi dengan rekan kerja, berbagi dokumen, melakukan group call, dan share screen saat video meeting.

Slack juga menyediakan fitur channel yang berfungsi untuk menciptakan ruang khusus diskusi tim yang bisa diklasifikasikan berdasarkan topik pembahasan atau proyek tertentu. Channel bisa diatur untuk bersifat pribadi, rahasia, maupun universal sesuai kebutuhan.

Banyak sekali fitur-fitur yang sangat mendukung produktivitas kerja Anda pada aplikasi Slack ini, seperti multi channel group chat, team collaboration, support for @mentions, direct file uploading, integrated file sharing, threaded conversation, dan masih banyak lainnya.

Menarik bukan? Untuk tahu lebih banyak fiturnya, segera coba Slack untuk bisnismu.

4. Mattermost

Banyak dikatakan Mattermost sangat mirip dengan Slack. Mattermost yaitu aplikasi komunikasi penunjang kerja yang mempunyai banyak fitur khusus untuk mengatur urusan pekerjaan; dirancang sebagai open source platform untuk komunikasi, kolaborasi, dan sebagai sarana diskusi kerja antar tools dan tim.

Sama seperti aplikasi chat bisnis lainnya, Mattermost menyediakan fitur untuk mengirim pesan dan dokumen, melacak riwayat percakapan, menerima notifikasi, dan lain-lain.

Beberapa keunggulannya yaitu pengelolaan banyak tim, utas pesan, dukungan multibahasa, hashtag pencarian, implementasi cloud pribadi, tema, dan nama saluran yang lebih bersahabat.

Mattermost mempunyai fitur-fitur seperti group chat, chat bot, team collaboration, multi channel, privacy protection, slack integration, integrated file sharing, javascript, dan masih banyak lagi.

5. Microsoft Teams

Satu lagi alternatif aplikasi selain WhatsApp yang mungkin sudah familiar di telinga Anda yaitu Microsoft Team. Aplikasi ini tentunya didukung oleh Android, iOS, Windows, dan juga web. Semua obrolan tim, dokumen-dokumen, meeting, dan aplikasi bisa ditemukan di satu workspace yang Anda bagikan dengan coworker atau rekan kerja Anda.

Microsoft Team dirancang sebagai aplikasi kolaborasi yang mendukung produktivitas kerja Anda dan tim untuk melakukan segala kegiatan pekerjaan dan berkomunikasi bisa dilakukan di satu tempat saja.

Aplikasi ini mempunyai keunggulan sudah terintegrasi dengan Office 365 sehingga memberi kemudahan untuk mengatur berbagai hal seperti jadwal (calendar, planner); dokumen-dokumen yang dikirim; task management; akses ke beragam tools seperti Asana, GitHub, Hootsuite; dan mendukung untuk mengerjakan satu dokumen secara bersama-sama dengan tim.

Fitur-fitur yang bisa Anda temukan pada aplikasi ini yaitu team collaboration, planner, group chat, shared calendar, noise reduction, spreadsheet, office 365 integration, video conferencing, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Sudah pernah pakai aplikasi ini? Atau baru tertarik untuk mencoba? Install aplikasi ini untuk menikmati berbagai fitur menariknya. 

Memilih Aplikasi yang Sesuai Kebutuhan 

Setelah mengetahui berbagai keuntungan dari memisahkan chat pribadi dengan pekerjaan, jangan ragu untuk mencoba aplikasi chat selain WhatsApp. Cari tahu apa kebutuhan tim kerja Anda dan pilih aplikasi chat kolaborasi yang sesuai dengan kebutuhan tim kerja Anda.

Jika saat ini Anda masih terhubung dengan rekan kerja menggunakan WhatsApp, Anda bisa mencoba memilih salah satu aplikasi chat alternatif lain yang sudah disebutkan di atas seperti Worxspace untuk lebih profesional dalam bekerja dan menjadikan waktu bekerja lebih produktif. Dengan memisahkan urusan pribadi dan pekerjaan, Anda juga dapat menciptakan work-life balance tentunya.

Masih ragu berpaling dari WhatsApp untuk urusan pekerjaan? Coba dulu aplikasi chat selain WhatsApp di atas dan temukan kemudahan serta kenyaman berbagai fitur yang ditawarkan untuk profesionalisme kerja Anda.

Mau Jadi Digital Nomad? Ini Tools Wajib untuk WFA!

Tren digital nomad semakin mempunyai potensi terus ditekuni oleh para pekerja yang memimpikan sistem kerja WFA. Dengan sistem kerja remote, digital nomad tentu memerlukan tools sebagai penunjang pekerjaan. Tools digital nomad berfungsi untuk tetap menghubungkan...

9 Destinasi Wajib Untuk Kerja Remote atau Work From Anywhere

Pernah mendengar istilah Work from Bali? Yap, Bali menjadi salah satu pilihan teratas untuk destinasi kerja remote. Banyak juga kota-kota lainnya di Indonesia yang menjadi destinasi kerja remote menyusul Work from Bali. Dengan sistem kerja remote atau Work from...

9 Cara Agar Karyawan Tidak Menunda Pekerjaan!

Hal yang sangat wajar jika pada waktu-waktu tertentu seorang karyawan merasa bosan di tengah-tengah padatnya jadwal bekerja, sehingga kerap kali terjadi seorang karyawan menunda pekerjaan. Saat seorang karyawan lelah dengan rutinitas bekerja, dia cenderung mencari...
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?