Bagaimana Worxspace Membuat Diskusi & Komunikasi Kerja Tim Menjadi Lebih Baik

Blog,Productivity
[et_pb_section fb_built=”1″ admin_label=”section” _builder_version=”4.14.7″ custom_margin=”25px||||false|false” hover_enabled=”0″ global_colors_info=”{}” theme_builder_area=”post_content” background_color_gradient_start=”#ffffff” background_color_gradient_end=”#ffffff” sticky_enabled=”0″][et_pb_row admin_label=”row” _builder_version=”4.14.7″ background_size=”initial” background_position=”top_left” background_repeat=”repeat” custom_margin=”-60px||||false|false” custom_padding=”0px||||false|false” hover_enabled=”0″ global_colors_info=”{}” theme_builder_area=”post_content” width=”100%” sticky_enabled=”0″][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”3.25″ custom_padding=”|||” global_colors_info=”{}” custom_padding__hover=”|||” theme_builder_area=”post_content”][et_pb_text admin_label=”Text” _builder_version=”3.27.4″ background_size=”initial” background_position=”top_left” background_repeat=”repeat” inline_fonts=”Playfair Display,Montserrat” global_colors_info=”{}” theme_builder_area=”post_content”]

Banyak perusahaan memilih satu aplikasi untuk menunjang lancarnya komunikasi dalam tim. Hal ini sangat membantu, apalagi di tengah pandemi Covid-19 sekarang di mana membuat perusahaan memberi opsi work from home (WFH). Sehingga meski terpisah jarak, memiliki aplikasi chat untuk kerja tim tentunya akan sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Saat ini banyak tersedia aplikasi chat antar karyawan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, namun banyak pula perusahaan yang masih mengandalkan aplikasi percakapan Whatsapp. Memang, komunikasi pekerjaan melalui WhatsApp Group bisa saja digunakan untuk komunikasi tim, tapi tidak akan ideal jika melibatkan jumlah anggota tim yang terlampau banyak.

Maka dari itu, aplikasi chat untuk tim yang memiliki banyak fitur berguna untuk menyederhanakan bisa menjadi pilihan lebih baik. Kemudahan itu bisa didapat dari aplikasi satu ini, mari berkenalan dengan Worxspace!

Apa itu Worxspace?

Aplikasi Worxspace adalah salah satu alat komunikasi di tempat kerja yang multifungsi. Tak sekadar alat komunikasi, aplikasi ini berusaha untuk memberikan solusi dari berbagai problem klasik yang dihadapi perusahaan dan karyawan.

Salah satunya adalah menghilangkan tumpang tindih chat pribadi vs pekerjaan. Sebab urusan pekerjaan karyawan yang penting sering terlewat begitu saja, karena semua percakapan bercampur dengan urusan lain jika menggunakan instant messaging.

Pengarahan kerja pun sangat bisa terdistraksi jika perusahaan tidak memiliki platform personalia secara eksklusif yang mempermudah komunikasi dan interaksi dengan karyawan agar lebih efektif.

Ini membawa problem lainnya, di mana hanya menggunakan instant messaging artinya karyawan perlu tools pendukung lain untuk mendukung pekerjaan.

Padahal banyaknya tools terpisah pendukung pekerjaan membuat karyawan terlalu banyak switching ke aplikasi. Ini akan mengurangi efektivitas dan menambah kesulitan karena dokumentasi yang terpisah.

Dengan Worxspace, komunikasi tim bisa lebih efektif tanpa harus banyak menggunakan tools terpisah. Lewat berbagai fitur aplikasi ini, tim dapat berbagi pesan, file, hingga mengadakan video meeting untuk menggantikan rapat offline. Lebih ringkas bukan?

Fitur Worxspace

1. Simple Task Management

Manajemen tugas dan kolaborasi yang mudah dan simple, di mana karyawan tidak membutuhkan terlalu banyak aplikasi yang harus dibuka untuk urusan pekerjaan.

2. Calendar & Schedule

Manajemen penugasan, reminder dan kolaborasi urusan pekerjaan terintegrasi dengan fitur kalender dan notifikasi, sehingga memastikan tidak ada task yang terlewat.

3. Team & Channel

Selain memiliki semua general fitur dan fungsi platform chat pada umumnya, dalam Worspace dapat dibuat official grup chat sesuai struktur organisasi perusahaan maupun berdasar proyek dan topik tertentu.

Fitur Team & Channel memudahkan diskusi tim Anda untuk tetap teratur dan sesuai topik.

4. Company Directory

Dalam fitur company directory, setiap karyawan dapat mempelajari knowledge perusahaan secara mandiri, mulai dari struktur perusahaan, company policy hingga manual book.

5. Broadcast HR Info & Announcement

Worxspace juga menyediakan fitur yang memudahkan personalia, seperti pengajuan dan approval cuti serta tanya mengenai informasi seputar personalia melalui chatbot.

6. Employee Profile

Worxspace memuat direktori data seluruh karyawan dalam perusahaan berdasarkan posisi, departemen maupun lokasi cabang. Sehingga tidak perlu meminta kontak karyawan baru.

7. Data Privacy

Peretasan percakapan dan akun chat publik semakin kerap terjadi, seperti pengambil alihan akun melalui berbagai cara memanfaatkan OTP nomor seluler pribadi. Dalam segi keamanan data, Worxspace menerapkan berbagai kebijakan, termasuk pseudonimisasi, enkripsi, akses, dan kebijakan penyimpanan untuk memberikan perlindungan terhadap akses yang tidak sah.

8. Work Life Balance

Memanajemen pekerjaan lewat Worxspace artinya bisa memisahkan urusan pribadi dengan pekerjaan sehingga work life balance mampu diwujudkan. Sebab, Anda tak perlu terdistraksi dengan notifikasi pekerjaan saat hari libur dan cuti.

9. Leave, Prosedur Cuti yang lebih mudah

Worxspace memberi kemudahan bagi karyawan yang butuh mengakses pengajuan ijin dan cuti melalui sistem approval yang lebih fleksibel. Tertera pula informasi berapa sisa cuti hingga list karyawan yang cuti.

Whatsapp VS Telegram VS Slack

Whatsapp, Telegram dan Slack adalah tiga aplikasi yang sering dipakai dalam pekerjaan. Ketiganya bersifat lintas platform dan mobile-friendly, sehingga tim Anda dapat berkomunikasi di mana saja dengan mudah.

WhatsApp menguasai dasar-dasar perpesanan dengan sangat baik. Semua percakapan, baik personal dan obrolan grup, terdaftar dalam satu panel bersama dengan pencarian universal.
WhatsApp memiliki desain antarmuka dan fitur sederhana yang mudah digunakan. Tapi aplikasi satu ini kemampuannya terbatas ketika kita berbicara komunikasi bisnis.

Contohnya, pencarian universal WhatsApp memudahkan untuk menemukan pesan atau kontak tertentu. Tetapi begitu tim Anda mulai bekerja, akan sulit untuk menemukan informasi yang tepat dengan cepat.

Hal sama juga berlaku pada Telegram, aplikasi berbagi pesan yang tak kalah populer dari Whatsapp. Fokus dari Telegram adalah kecepatan dan keamanan. Di sini semua pesan yang Anda kirim ke supergrup terlihat dalam satu utas besar.

Anda dapat menelusuri semua balasan berantai ini dan kembali ke pesan pertama dalam utas, tetapi semua “utas” ini bercampur menjadi satu yang membuatnya kurang efektif dalam memonitor pekerjaan.

Di sisi lain, Slack adalah aplikasi yang mendukung kolaborasi dalam tim serta menawarkan lebih banyak opsi untuk menjaga percakapan Anda tetap teratur.

Slack mengambil pendekatan serupa untuk berfokus pada percakapan aktif di saluran publik dan pribadi serta pesan langsung.

Tidak seperti WhatsApp dan Telegram, Slack dirancang untuk komunikasi bisnis, sehingga membantu pekerja mengatur percakapan di kantor dan menghubungkan aplikasi yang mereka gunakan setiap hari.

Slack menyediakan fitur Channel yang berguna untuk membuat saluran diskusi tim lebih efektif yang dapat diklasifikasikan sesuai dengan topik pembahasan. Channel tersebut dapat bersifat pribadi, rahasia maupun universal tergantung kebutuhan.

Anda dapat mengatur tugas, mengobrol, berbagi dokumen, melakukan panggilan grup, dan berbagi layar komputer saat video meeting.

Komunikasi Kerja Tim Lebih Baik dengan Worxspace

Sama seperti Slack, dengan Worxspace Anda bisa membuat channel khusus untuk sebuah tim yang berisi beberapa orang anggota terkait topik atau proyek tertentu.

Worxspace berfungsi sebagai media komunikasi tim juga memiliki fitur lain seperti melihat proses kerja dalam mengelola proyek, berbagi berkas, video meeting dan juga fitur-fitur lain yang dibutuhkan untuk menunjang produktivitas tim.

Namun aplikasi instant messaging sekaligus kolaborasi tim ini menawarkan fitur yang lebih luas lagi dari Slack.

Worxspace memiliki fitur yang meringankan tugas personalia, seperti kemudahan official broadcast message ke seluruh karyawan yang terintegrasi secara otomatis dengan database karyawan hingga akses pengajuan dan approval cuti yang lebih mudah.

Dengan Worxspace, manajemen kerja tim dan personalia perusahaan dapat dilakukan semuanya dalam satu tempat yang tersentralisasi. Tentunya, cocok menjadi aplikasi komunikasi saat WFH seperti sekarang ini. Tersedia di Android maupun iOS, yuk jajal Worxspace untuk membuat kerja tim yang lebih cepat dan gesit!

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]
Tags :
Share This :
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?