Meningkatkan Employee Experience dengan Worxspace

Contents

employee experience

Dalam menjalankan sebuah bisnis, perusahaan perlu mempunyai sistem HR dan personalia yang baik untuk memastikan hubungan baik perusahaan dan para karyawannya. Untuk menjaga dan meningkatkan efisiensi dan kepuasan karyawan bisa dilakukan dengan memelihara pengalaman karyawan (employee experience). Memelihara pengalaman karyawan menjadi sangat penting bagi setiap perusahaan, karena memiliki dampak langsung pada produktivitas dan kinerja karyawan.

Salah satu cara untuk memelihara pengalaman karyawan adalah dengan menggunakan software aplikasi personalia. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan dalam mengelola data karyawan, melacak kemajuan karir, dan memberikan manfaat serta pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan.

Software aplikasi kolaborasi kerja karyawan yang sekaligus bisa menjadi software personalia yaitu Worxspace. Dengan fitur yang lengkap, Worxspace bisa menjadi solusi untuk mengoptimalkan pengalaman karyawan di perusahaan Anda.

Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang manfaat dari menggunakan software aplikasi personalia Worxspace dalam memelihara pengalaman karyawan. Simak artikel ini sampai habis, ya.

Apa yang Dimaksud dengan Pengalaman Karyawan?

Pengalaman karyawan (employee experience) adalah campuran akumulasi dari pertemuan, observasi, dan pembelajaran dari hari ke hari yang berlangsung selama masa kerja karyawan. Pengalaman karyawan yang utuh termasuk semua hal dimana seorang karyawan mengkonfrontasi, mengobservasi, membaca, merasakan, dan mempersepsikan setiap tahap dari siklus hidup mereka di perusahaan. 

Selain itu, termasuk juga orang-orang dan hal-hal yang setiap hari dialami oleh seorang karyawan seperti pekerjaan mereka, hubungan mereka dengan supervisor, pemimpin dan co-worker, keputusan-keputusan yang dibuat, komunikasi, teknologi, proses-proses, program dan acara, budaya dan cara kerja, dan hal-hal lainnya. Pengalaman karyawan merupakan kumpulan dari pengalaman berwujud dan juga tidak berwujud selama mereka bekerja di sebuah perusahaan.

Perusahaan yang peduli dan mendiferensiasi pengalaman karyawan mereka memiliki keunggulan. Mereka bisa melihat keuntungannya ketika karyawan terhubung secara emosional dan merasa senang dengan tempat mereka bekerja. Mengusahakan pengalaman karyawan supaya optimal adalah sebuah hal yang kompleks dan membutuhkan beberapa pendekatan dari program HR. 

Sekarang lebih kompleks lagi karena keseimbangan perusahaan dan karyawan membutuhkan fleksibilitas, fokus pada kesehatan dan kesejahteraan, koneksi dengan orang lain, dan tekanan bisnis dengan inflasi dan resesi.

Manfaat Pengalaman Karyawan yang Positif

Memperkuat pengalaman karyawan mempunyai beberapa manfaat yang berkaitan dengan kepuasan kerja karyawan yang mendorong ke profit yang lebih tinggi dan posisi di marketplace jadi lebih baik. Berikut beberapa manfaat dari pengalaman karyawan yang positif:

  • Karyawan lebih engaged dan produktif
  • Tingkat ketidakhadiran lebih rendah
  • Meningkatkan kualitas kerja
  • Memperbaiki dan meningkatkan hubungan karyawan

Mengapa Pengalaman Karyawan Penting?

Manfaat dari pengalaman karyawan yang didapatkan perusahaan menjelaskan bahwa pengalaman karyawan harus menjadi sebuah prioritas penting. Ketika kondisi ekonomi sedang baik-baik saja, kompetisi untuk top talent menjadi sangat kompetitif dan kebutuhan untuk akuisisi talenta yang efektif dan retensi karyawan terus bertumbuh. 

Khususnya di masa sulit seperti saat resesi, perhatian pada pengalaman karyawan dapat membantu perusahaan menjadi lebih kompetitif dan menghindarkan dari konsekuensi buruk.

Persepsi dan pengalaman karyawan akan mempengaruhi setiap aspek lain dari proses-proses di perusahaan. Karyawan yang bahagia yang mempersepsikan pengalaman mereka sebagai pengalaman yang baik akan lebih engaged dan mengerjakan tugas-tugas mereka dengan lebih efektif dan efisien.

Pengalaman karyawan secara langsung mempengaruhi aspek spesifik lainnya. Misalnya, karyawan yang mempunyai pengalaman positif cenderung lebih mungkin untuk berkomitmen dan tetap bertahan di perusahaan daripada karyawan yang mempunyai pengalaman negatif. 

Mereka juga cenderung akan mempromosikan perusahaan tersebut sebagai tempat kerja yang baik, mendorong lebih banyak referral untuk posisi lowongan yang terbuka dan meningkatkan laju keterisian karyawan; karena kebanyakan pencari kerja dengan mudah terayu dengan persepsi karyawan mengenai pengalaman kerjanya dan budaya di perusahaan tersebut.

Cara Meningkatkan Pengalaman Karyawan dengan Aplikasi Worxspace

Worxspace menawarkan solusi cerdas kolaborasi kerja dalam satu portal saja. Aplikasi ini mempermudah manajemen komunikasi karyawan dari proses onboarding hingga offboarding untuk memaksimalkan kepuasan karyawan perusahaan Anda yang tentu saja dapat mendorong pengalaman karyawan yang lebih baik. 

Worxspace merupakan satu aplikasi yang dilengkapi dengan beragam fitur yang berfungsi sebagai media informasi, komunikasi, kolaborasi hingga personalia perusahaan untuk menunjang produktivitas karyawan di perusahaan.

Berikut cara meningkatkan pengalaman karyawan di perusahaan Anda dengan menggunakan aplikasi Worxspace:

  1. Menyampaikan Komunikasi yang Baik dan Lancar

Kunci untuk meningkatkan hubungan dengan karyawan yaitu komunikasi. Banyak manajer HR dan profesional bisnis setuju bahwa komunikasi itu sangat penting. Untuk memperbaiki dan meningkatkan komunikasi, pastikan Anda menawarkan sebuah portal komunikasi seperti aplikasi Worxspace. Worxspace mempunyai fitur personal chat, group chat, chat bot, broadcast message, dan bahkan stiker untuk meningkatkan pengalaman komunikasi karyawan. 

Fitur-fitur tersebut bisa digunakan untuk membagikan berbagai macam berita atau pengumuman, merayakan pencapaian dalam ranah profesional maupun personal, dan untuk secara jelas mengidentifikasi tujuan dan value Anda.

  1. Merespon Feedback

Cara terbaik untuk mengetahui apa yang karyawan Anda butuhkan adalah dengan bertanya, lalu mendengarkan ketika mereka merespon. Worxsace mampu membantu Anda dalam mendapatkan feedback karyawan Anda. 

Cara untuk mendapatkan feedback bisa dengan melalukan survei dengan fitur chat dan internal polling di Worxspace karena percakapan di aplikasi Worxspace sangat mudah untuk dikelola.

  1. Fokus pada Karyawan

Penting untuk fokus pada siklus hidup karyawan mulai dari onboarding hingga offboarding, khususnya memenuhi ekspektasi mereka untuk urusan personalia. Worxspace merupakan aplikasi smart personalia yang mempunyai fitur seperti leave & approval, personalia chatbot, internal polling, employee onboarding, employee inbox, personalia broadcast, company news, greeting, task & event, notes, calendar, employee directory dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya yang dapat memelihara dan meningkatkan pengalaman karyawan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Latest Post
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?