Program Employee Appreciation Perusahaan

Contents

Program Employee Appreciation

Di dalam sebuah perusahaan, hubungan antara karyawan dengan sesama karyawan sangatlah penting. Namun, yang tidak kalah penting adalah hubungan karyawan dengan para atasannya. Setiap individu di perusahaan punya peran pentingnya masing-masing dan saling berkaitan. Kerjasama antar tim juga menjadi komponen penting yang dapat menunjang kelancaran bisnis. Segala bentuk prosesnya dimaksimalkan untuk kepentingan bersama dan perusahaan.

Salah satu bentuk upaya untuk menjalin hubungan yang baik dengan karyawannya, perusahaan bisa memberikan apresiasi untuk para karyawannya. Apresiasi karyawan bisa menjadi sebuah pengaruh besar yang dapat membantu kelancaran bisnis sebuah perusahaan. Jika seorang karyawan merasa kerja kerasnya diapresiasi, dia akan merasa dihargai dan dianggap oleh perusahaan, sehingga karyawan tersebut menjadi punya rasa kepemilikan terhadap perusahaan yang akan berdampak pada kinerjanya yang mengutamakan tujuan perusahaan. 

Bentuk apresiasi karyawan tidak harus berupa hal yang ‘wow’ atau mewah, hal-hal sederhana seperti memberi ucapan selamat atas pencapaian yang diraih atau hanya sekedar ucapan terima kasih atas kinerjanya terhadap perusahaan akan memberikan pengaruh besar dan membuat karyawan jadi termotivasi untuk memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Upaya apresiasi karyawan ini dapat dengan mudah dilakukan oleh perusahaan dengan bantuan software. Untuk penjelasan lengkapnya, baca artikel ini sampai habis, ya.

Apa itu Apresiasi Karyawan?

Apresiasi karyawan diartikan sebagai aksi untuk mengenali atau memberi reward ke karyawan atas kontribusinya terhadap perusahaan baik dalam ranah formal maupun informal. Tanpa apresiasi, karyawan akan cenderung merasa tidak termotivasi dan kehilangan rasa ketertarikan terhadap pekerjaannya. Hal ini tentu menjadikan apresiasi karyawan menjadi hal krusial di setiap waktu. Sederhananya, apresiasi karyawan adalah sebuah tindakan sederhana untuk mengakui kontribusi karyawan terhadap bisnis dan kultur perusahaan tempatnya bekerja.

Terbukti bahwa apresiasi karyawan ini dapat menggiring bisnis ke arah yang lebih baik. Banyak perusahaan saat ini ingin mengusahakan retensi karyawan dan memaksimalkan profit. Bisa dibilang bisnis yang sukses dimulai dengan karyawannya, banyak perusahaan menyadari bahwa mereka seharusnya mengapresiasi karyawan atas kinerja baik mereka.

Mengapa Apresiasi Karyawan itu Penting?

Seberapa sering sebaiknya melakukan apresiasi karyawan? Jawabannya adalah tidak ada batasan. Jika hal tersebut dilakukan secara rutin, maka akan memberikan dampak yang baik. Perasaan hangat ketika mendapatkan pengakuan saat melakukan sebuah pekerjaan dengan baik benar-benar dapat menaikkan semangat karyawan tersebut. Seorang karyawan akan merasa baik dan ingin bekerja lebih baik lagi untuk terus memperoleh pengakuan. Inilah mengapa sebaiknya perusahaan benar-benar menunjukkan kepada karyawan bahwa mereka mengapresiasi para karyawannya.

Apresiasi karyawan yang sering dilakukan, jujur, bersifat umum, dan tepat waktunya penting untuk dilakukan di tempat kerja. Hal tersebut memberikan konfirmasi kepada karyawan bahwa mereka membuat kontribusi yang berarti untuk kesuksesan perusahaan. Dengan menciptakan sebuah koneksi emosional dengan karyawan, perusahaan akan melihat hasil positif yang luar biasa yang dapat memainkan peran penting demi kesuksesan jangka panjang perusahaan.

Aplikasi HR untuk Apresiasi Karyawan?

Program software apresiasi karyawan adalah sebuah gebrakan teknologi yang membantu perusahaan dalam mengelola konsep abstrak sumber daya manusia, seperti hubungan dan kepuasan karyawan dengan tujuan dan efisiensi yang secara tidak langsung membantu perusahaan untuk mengelola deadline proyek dan goal perusahaan. Software apresiasi karyawan dapat meningkatkan kultur perusahaan Anda.

Dengan keberadaan software apresiasi karyawan, perusahaan dapat dengan mudah menjalankan program apresiasi dan reward untuk membantu perusahaan sendiri dalam menemukan karyawan yang tepat untuk tim, goal, dan budget Anda. Ada banyak sekali software apresiasi karyawan yang sudah dikembangkan, seperti Worxspace, yang bisa digunakan untuk program apresiasi karyawan ini. 

Penting untuk memilih software aplikasi yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya, software aplikasi apresiasi karyawan yang terintegrasi dengan berbagai macam proses bisnis akan sangat membantu perusahaan dalam memenuhi segala tugas pekerjaan dan mencapai tujuan-tujuan perusahaan.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Apresiasi Karyawan

Setelah mengetahui betapa pentingnya program apresiasi karyawan, untuk mengakui karyawan atas usaha dan kerja keras mereka ― hal tersebut dapat membawa kepuasan tersendiri bagi mereka. Berikut adalah keuntungan jika perusahaan bermanifestasi pada software aplikasi apresiasi karyawan:

1. Apresiasi Langsung

Software apreasiasi karyawan membantu manajer untuk memberikan apresiasi kepada karyawan secara instan dan langsung, tidak perlu menunggu bertemu dulu karena bisa dilakukan menggunakan gawai kapanpun itu. Ketika seorang karyawan merasa perlu diapresiasi, namun apresiasi itu tidak segera datang juga, maka bisa menimbulkan kurang antusias atau dorongan mereka terhadap pekerjaan mereka. 

Terlebih, jika tanpa software apresiasi karyawan, karyawan kadang harus menunggu hingga review tahunan untuk menerima pengakuan atau apresiasi. Hal itu akan mengurangi dampak dari apresiasi itu sendiri. Agar apresiasi karyawan jadi lebih efektif, sebaiknya dilakukan tepat waktu.

2. Manajemen Performa Berdasarkan Data

Biasanya manajer akan mengadakan review setiap tahun atau setengah tahun. Ada yang dinamakan bias kognitif di mana manajer menilai karyawan hanya berdasarkan kejadian-kejadian yang baru saja terjadi dan mengabaikan prestasi yang sudah lama terjadi. Terlebih, kebanyak manajer tidak hanya bertanggung jawab untuk satu tim saja, mereka punya beberapa tim untuk dikelola. Akan sangat sulit untuk melacak prestasi setiap orang. Akibatnya karyawan merasa terabaikan dan jadi tidak bahagia dan tidak puas setelah review

Nah, oleh karenanya, software apresiasi karyawan dapat membantu melacak performa karyawan dari waktu ke waktu. Software ini akan membantu manajer untuk membuat keputusan yang berkaitan dengan performa berdasarkan data dan insight.

3. Proses Apresiasi Jadi Lebih Mudah dan Sederhana

Software apresiasi karyawan tidak hanya membantu mengapresiasi karyawan secara instan tetapi juga membuat semua proses secara keseluruhan menjadi lebih sederhana. Untuk mengurangi konsumsi waktu yang tidak perlu, software apresiasi karyawan juga membantu mengurangi beberapa masalah yang berkaitan dengan proses-proses offline.

Dengan menggunakan sistem apresiasi karyawan, pekerjaan HR juga jadi jauh lebih mudah. Pada proses tradisional, mereka adalah pihak yang terlibat dalam merencanakan dan mengkoordinasi program apresiasi karyawan dari awal hingga akhir proses. Hal tersebut bisa dibilang time-consuming dan bisa jadi hal yang menjemukan. Dengan adanya software apresiasi karyawan, manajer atau pimpinan dapat secara langsung mengapresiasi karyawan mereka. Hal itu mengurangi komunikasi-komunikasi yang tidak perlu antara anggota perusahaan beda departemen.

4. Bisa Dilakukan di Mana Saja

Sekarang manajer tidak perlu menunggu atau berada di depan komputer kantor mereka terlebih dahulu untuk memberikan apresiasi kepada karyawan mereka. Mereka bisa melakukannya dalam perjalanan dan dari mana saja. Kebanyakan software apresiasi karyawan didesain untuk bekerja di gawai dan platform multipel. Software aplikasi apresiasi karyawan biasanya bisa di akses di berbagai alat elektronik seperti smartphone, tablet, dan laptop dengan sambungan internet.

Worxspace hadir sebagai solusi untuk menjalankan program apresiasi karyawan perusahaan Anda. Worxspace merupakan aplikasi chat karyawan yang mempermudah manajemen komunikasi karyawan dari onboarding sampai offboarding guna memaksimalkan kepuasan karyawan perusahaan Anda. 

Dengan berbagai fitur yang menunjang segala proses pekerjaan bisnis Anda, aplikasi apik ini bisa membantu Anda dalam memaksimalkan program apresiasi karyawan perusahaan Anda. Yuk, daftar sekarang untuk menggunakan Worxspace dengan klik di sini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Latest Post
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?