Tingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Aplikasi SDM

Contents

Tingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Aplikasi SDM

Penggunaan aplikasi sdm (sumber daya manusia) dalam ekosistem kehidupan perusahaan adalah langkah yang tepat dalam meningkatkan produktivitas karyawan. Sebagai salah satu aset, karyawan menjadi salah satu faktor penting dalam mencapai goals sebuah perusahaan.

Tak heran, hampir seluruh perusahaan sudah menggunakan aplikasi sdm sebagai sarana informasi dan komunikasi mereka.

Manajemen Sumber Daya Manusia dan Tujuannya

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) diartikan sebagai upaya pemberdayaan sumber daya manusia sebagai salah satu usaha pencapaian tujuan atau cita-cita perusahaan. Dimana tujuan umumnya adalah dapat mengoptimalkan produktivitas seluruh karyawan. 

Dalam hal ini, terdapat 4 poin tujuan dari manajemen sdm seperti:

1. Organisasional

Mengacu pada sasaran formal dengan misi mendorong perusahaan mencapai goals mereka.

2. Sosial

Usaha perusahaan dalam bertanggung jawab secara etis dan sosial terhadap tantangan dan keutuhan masyarakat dengan menekan dampak negatif.

3. Fungsional

Usaha dalam mempertahankan keterlibatan divisi sdm dalam tingkatan yang sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan.

4. Individual

Mengacu pada tujuan masing-masing individu yang ingin mencapai goals dengan aktivitasnya di dalam perusahaan.

Permasalahan Manajemen SDM

Walaupun sudah dilakukan dengan sebaik mungkin, nyatanya masih banyak permasalahan-permasalahan yang terjadi pada proses manajemen sdm. Hal ini biasanya dikarenakan kurang melibatkan teknologi sebagai support systemnya contohnya menggunakan aplikasi sdm.

Berikut beberapa permasalahan pada manajemen sdm:

1. Fenomena App Fatigue

Walaupun dirasa cukup menyenangkan, pernahkan anda merasakan kelelahan berpindah-pindah aplikasi saat bekerja? Bila anda pernah mengalaminya, ini berarti anda tengah mengalami app fatigue.

App Fatigue adalah sebuah kondisi dimana anda merasa kelelahan secara mental pada saat menggunakan beberapa aplikasi dalam jangka waktu terus menerus. Hal ini didukung dengan beberapa survei dimana 43% karyawan mengalami fatigue saat bekerja.

Fenomena ini menimbulkan dampak negatif baik dari karyawan yang kelelahan juga mengganggu produktivitas dan terancamnya keamanan data perusahaan. 

2. Informasi Karyawan yang Tidak Lengkap dan Tidak Akurat

Sebagai aset perusahaan, data karyawan menjadi hal yang begitu penting untuk diperhatikan. Hal ini mencakup informasi dasar seperti latar belakang, riwayat kerja dan informasi penting lainnya. Pendataan yang masih dilakukan secara manual, tentu akan menjadi pekerjaan lebih sendiri bagi divisi personalia karena harus selalu mengupdate informasi karyawan.

Tak jarang kondisi salah informasi dan data yang tidak terupdate ditemui pada aktivitas perusahaan. Walaupun terlihat sepele, namun bila tidak diperbarui datanya akan menimbulkan masalah yang jauh lebih besar.

Kemudahan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Satu Aplikasi SDM

Menanggapi permasalahan yang ada, Worxspace sebagai salah satu aplikasi sdm Indonesia terbaik, hadir dengan berbagai fitur dan benefitnya. Telah digunakan banyak perusahaan, baik skala besar maupun kecil, Worxspace mampu menangani berbagai macam kebutuhan manajemen sdm mereka.

Fitur-Fitur Worxspace

Sebagai pendukung dalam manajemen sdm perusahaan, Worxspace hadir dengan berbagai fitur terbaik seperti:

1. Company Directory

Ketika HR melakukan recruitment karyawan baru, biasanya terdapat sesi pembekalan dan pengenalan mengenai perusahaan, produk dan jasa apa yang ditawarkan, company profile, jajaran profil BOD dan hal lain. 

Walaupun beberapa karyawan berkemampuan mengenal perusahaan secara mendalam, nyata tidak sedikit karyawan yang kurang menguasai tentang company profile. Akibatnya, karyawan cenderung bekerja semata-mata hanya mencari nafkah dan angka loyalitas yang rendah. 

Penyajian company profile dan profil jajaran BOD pada aplikasi sdm Worxspace, menjadi salah satu usaha dalam meningkatkan staff loyalty menggunakan fitur company directory. Dengan company directory, karyawan dapat dengan mudah mengakses segala informasi perusahaan. Informasi yang bisa diakses meliputi:

a. Company Profile

Menyederhanakan proses sosialisasi visi misi dan profil perusahaan kepada seluruh internal perusahaan.

b. Board Directory

Sarana informasi profil BOD beserta jajaran stakeholder perusahaan.

c. Document Management

Beberapa dokumen perusahaan yang wajib diketahui oleh seluruh karyawan dapat dengan mudah dibagikan dengan fitur ini.

d. Employee Directory

Komunikasi antar karyawan tidak dibatasi oleh kontak dan nomor HP. Sehingga mempermudah lapisan internal perusahaan berkomunikasi satu sama lain tanpa nomor kontak tertentu.

2. Messaging

Tidak seluruh aplikasi chat yang ada dapat mendukung seluruh aktivitas perusahaan. Hal ini karena adanya keterbatasan kontak dan kemungkinan kesalahan penerima.

Worxspace, dilengkapi dengan fitur messaging dalam memfasilitasi karyawan berkomunikasi.Fitur ini membantu dalam keberlangsungan proses komunikasi internal perusahaan meliputi:

a. Personal Chat

Memberikan kemudahan mengakses kontak seluruh karyawan perusahaan.

b. Chat Bot

Mengoptimalkan fungsi percakapan internal dengan automasi chat bot dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

c. Group Chat

Memungkinkan kegiatan chat berdasarkan departemen atau grup secara lebih flexible.

d. Broadcast Message

Channel broadcast chat tersendiri guna menyebarkan informasi secara satu arah.

3. Task Management

Tidak semua karyawan memiliki kesadaran untuk mencatat beberapa task yang harus dikerjakan. Hal ini memicu terjadinya pengerjaan task yang kurang terorganisir, terlambat mengerjakan dan beberapa task yang dikerjakan tidak sesuai dengan brief.

Dengan beberapa permasalahan ini berimbas pada performa divisi bahkan perusahaan. Sebagai cara penanggulangannya, Worxspace bertindak sebagai reminder dan notulen yang akan memungkinkan karyawan mencatat brief dan mengingatkan batas waktu pengerjaan task sehingga dapat selesai tepat waktu meliputi:

a. Task & Event

Dilengkapi dengan fitur tagging karyawan, notifikasi dan comment sehingga memastikan seluruh tim bekerjasama dengan baik.

b. Calendar

Mendukung penjadwalan penyelesaian task.

c. Notes

Sebagai catatan dan dapat diakses seluruh tim dan dilengkapi dengan attachment, forum diskusi, tagging dan manajemen user.

Benefit Worxspace

Tak hanya fitur, aplikasi sdm Worxspace juga hadir dengan berbagai benefit yang dapat dirasakan seperti:

1. Smart Peronalia

Tidak hanya mendukung aktivitas perdivisi saja, Worxspace menjadi salah satu cara mengoptimalisasikan fungsi personalia dalam misi meningkatkan produktivitas hanya dengan satu aplikasi saja.

Dimana beberapa aktivitas personalia yang dapat dilakukan menggunakan Worxspace adalah:

a. Leave Request & Approval

Sebagai salah satu mitigasi berbelit-belitnya pengajuan cuti, fitur ini mampu menyederhanakan pengajuan cuti dan ijin karyawan dengan mekanisme approval berjenjang.

b. Personalia Chat Bot

Divisi HR akan dipermudah dengan automasi chat personalia. Misalnya SOP, kuota cuti dan kegiatan personalia lain dapat diatur sesuai kebutuhan.

c. Employee Inbox

Fitur ini bertugas sebagai sarana penyimpanan informasi penting karyawan seperti kontrak kerja, sertifikat, SPT Pajak, slip gaji dan beberapa dokumen karyawan lainnya.

d. Employee Onboarding

Sebagai usaha mempermudah karyawan baru beradaptasi dengan lingkungan, fitur employee onboarding dapat menjadi jawabannya.

e. Polling

Tanpa harus mendaftar dengan platform lain, fitur ini juga bertindak sebagai aplikasi polling dalam menghimpun informasi internal perusahaan.

2. All in One Application

Tidak perlu menginstal berbagai aplikasi dalam menunjang keberlangsungan kegiatan perusahan. Worxspace dapat menjadi wadah dalam berkomunikasi, kolaborasi dan kegiatan lainnya.

3. Employee Privacy

Worxspace juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang terjamin. Dalam satu channel akan dikhususkan untuk interaksi perihal perusahaan tanpa khawatir tercampurnya dengan privasi perorangan.

4. Advance & Secure Message

Memberikan kemudahan komunikasi dan akses seluruh karyawan dengan keamanan data yang dijaga secara ketat.

Optimasi Performa Perusahaan Anda

Aplikasi SDM adalah solusi dalam meningkatkan produktivitas karyawan. Dengan mudah, anda dapat memanajemen kinerja karyawan. Upgrade kegiatan perusahaan anda dengan mendaftar aplikasi sdm Worxspace sekarang juga.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Latest Post
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?