Human Resource

Productivity

People Development

HR Personalia

Task Management

Job Seeker

Manfaat dan Pentingnya Aplikasi To Do List yang Dapat Membantu Pekerjaan Lebih Efisien

Mar 22, 2022 | Blog, Task Management

Dengan banyaknya tugas kantor yang perlu diselesaikan, mungkin banyak dari Anda bingung mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Di sisi lain, fokus kita mudah terdistraksi oleh berbagai hal. Kalau sudah begini, membuat daftar tugas atau to do list adalah pilihan tepat. Bagi yang malas menulisnya di kertas, tenang, kini banyak tersedia aplikasi to do list.

Namun sebelum beranjak ke berbagai app to do list yang direkomendasikan, sebenarnya apa saja sih manfaat dari membuat to do list? Simak selengkapnya di sini.

4 Manfaat Membuat To Do List

1. Produktivitas meningkat

Jika Anda merekam semua tugas Anda dalam daftar tugas, Anda dapat dengan mudah meninjau daftar dan memprioritaskan tugas yang paling penting. Mengapa membuang waktu untuk kegiatan sepele ketika ada hal-hal penting yang membutuhkan perhatian lebih? Efeknya, Anda bisa menyelesaikan tugas lebih cepat dan enggan menundanya.

2. Mengurangi stres

Merencanakan aktivitas yang ingin Anda selesaikan setiap hari dapat membantu merapikan hidup dan menghilangkan rasa kewalahan dengan segala sesuatu yang perlu dilakukan. Namun pastikan bahwa Anda tidak merencanakan terlalu banyak poin to do list dalam satu hari. Bersikaplah realistis tentang seberapa banyak yang dapat Anda capai pada hari itu.

3. Manajemen waktu yang lebih baik

Di antara banyaknya tugas kantor, jangan sampai kesampingkan kehidupan pribadi. Cobalah meluangkan waktu untuk kegiatan yang Anda sukai. Membuat to do list dapat membantu Anda mengatur waktu dan menyelesaikan tugas dengan lebih efisien, sehingga memberi Anda lebih banyak waktu luang untuk melakukan apa yang Anda suka. 

4. Meningkatkan memori

Membuat to do list setiap hari dapat meningkatkan daya ingat dan dapat membantu Anda memastikan semua tugas penting Anda selesai tepat waktu. Hal ini dapat membantu meningkatkan memori Anda secara keseluruhan dengan memperkuat memori jangka pendek Anda. Dengan menulis tugas dan tujuan jangka pendek dan terus-menerus memeriksa daftar, Anda mungkin menyimpan lebih banyak informasi.

6 Rekomendasi Aplikasi To Do List untuk Membantu Pekerjaan Lebih Efisien

Membuat to do list dapat membuat segalanya lebih mudah. Baik jika Anda ingin mencapai lebih banyak tujuan atau mengelola waktu lebih baik. Berikut 6 rekomendasi aplikasi to do list yang membantu kerja Anda lebih efisien.

1. Todoist

Todoist adalah aplikasi daftar periksa harian yang bagus. App to do list satu ini mudah digunakan dan telah membantu jutaan orang menyelesaikan tugas maupun proyek mereka. Todoist menawarkan serangkaian fitur seperti tugas terjadwal, tampilan tugas yang dipersonalisasi, subtugas, tugas bersama, subproyek, tugas berulang, label, notifikasi, tugas berbasis prioritas, dan banyak lagi.

2. Toggl Plan

Toggl mengadopsi antarmuka pengguna yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda mengatur tugas baru, menetapkan tenggat waktu, perkiraan waktu harian, catatan, dan daftar periksa untuk setiap langkah. 

3. Google Tasks

Dengan aplikasi Google Tasks, Anda dapat mengelola, merekam, dan mengedit semua tugas dari mana saja kapan pun. App to do list ini bisa menyinkronkan semua tugas Anda di semua perangkat. Google Tasks terintegrasi dengan mulus bersama Gmail dan Google Kalender untuk membantu Anda menyelesaikan tugas dengan cepat dan efisien. 

4. Microsoft To Do

Microsoft To Do adalah aplikasi daftar periksa harian berbasis cloud yang berfungsi pada ponsel cerdas, tablet, dan komputer. Microsoft To Do membantu Anda tetap teratur dan mengelola tugas dan aktivitas sehari-hari dengan mudah dan efisien. Aplikasi Microsoft To Do menyatu dengan fungsionalitas Tasks yang ada dari rangkaian produk Outlook.

5. Checkli 

Checkli memungkinkan Anda untuk menyalin dan menyimpan daftar periksa apa pun ke akun pribadi Anda, kemudian dapat diselesaikan tugas dari ponsel Anda, atau PC. Anda dapat menggunakan Checkli untuk mencari dan menemukan daftar periksa yang diterbitkan oleh individu bisnis, tokoh terkenal, pecinta kuliner, pakar kebugaran, dan lainnya. 

6. Worxspace

Worxspace lebih dari sekadar aplikasi to do list yang bisa diandalkan. Worxspace adalah kolaborasi berbasis cloud dan alat manajemen proyek yang terintegrasi dengan fitur kalender dan notifikasi. Selain itu, Worxspace memiliki semua general fitur dan fungsi platform chat pada umumnya agar tak ada lagi obrolan penting terkait pekerjaan yang terlewatkan.

Tujuan Worxspace adalah menawarkan satu aplikasi untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Aplikasi satu ini cocok bagi setiap jenis tim untuk merencanakan, mengatur, dan berkolaborasi. 

Demikian manfaat to do list hingga aplikasi to do list yang bisa pilih untuk memudahkan fokus dan memprioritaskan tugas agar kerja jadi lebih efisien. Semoga bisa menjadi referensi yang berguna! 

Aplikasi Employee Self Service (ESS) untuk Efisiensi Perusahaan

Departemen HR terus mencari cara untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi data, termasuk mengurangi dokumen fisik, merampingkan data karyawan, dan mengelola penggajian dan tunjangan. Tapi kini tak perlu pusing lagi, karena HR bisa memanfaatkan aplikasi employee...

Yang Perlu dipersiapkan Perusahaan jika Menerapkan WFA Selamanya

Semenjak pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang memutuskan untuk switch sistem kerja. Dari yang tadinya Work From Home (WFH), menjadi Work From Anywhere (WFA) selamanya. Menerapkan WFA terbukti tidak menurunkan kualitas dan kinerja karyawan, justru membuat karyawan...

Aplikasi Portal Karyawan untuk Pengelolan Data & Informasi Karyawan

Divisi HR pastinya akan memerlukan berbagai macam data karyawan, mulai dari alamat, background pendidikan dan lainnya. Karena akses database secara manual tidak begitu efektif, maka aplikasi portal karyawan kini banyak dilirik oleh perusahaan. Dengan aplikasi portal...
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Halo, ada yang bisa kami bantu?